Statistik Pembalap Yamaha vs Honda di Mugello

Rabu, 27 Mei 2015 - 18:45 WIB
Statistik Pembalap Yamaha vs Honda di Mugello
Statistik Pembalap Yamaha vs Honda di Mugello
A A A
MUGELLO - Seri keenam balap MotoGP musim ini akan dilangsungkan di Italia, tepatnya di Sirkuit Mugello, akhir pekan nanti. Persaingan di atas lintasan diprediksi akan sengit mengingat tiap pembalap punya catatan yang mengesankan.

Khususnya Yamaha dan Honda, pembalapnya; Valentino Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo serta Dani Pedrosa punya catatan mengesankan ketika memacu motornya di sirkuit sepanjang 5,245 km tersebut. Keempat pembalap tersebut punya kenangan manis tersendiri di Mugello.

Tanpa mengesampingkan Ducati, ada beberapa statistik menarik dari pembalap Yamaha dan Honda jelang Grand Prix Italia. Sindonews coba merangkumnya berdasarkan data yang terlampir di situs MotoGP.com

1. Valentino Rossi
Pembalap asal Italia itu tercatat sebagai pengoleksi kemenangan terbanyak di Mugello dengan total 7 kali kemenangan beruntun sejak 2002-2008 (dua kali bersama Honda dan 5 kali bersama Yamaha). Ia mengalahkan rekor Mick Doohan yang punya enam kemenangan beruntun sejak 1993-1998.

Selain itu, Rossi juga pemilik pole positions terbanyak kedua setelah Doohan di Mugello dengan total lima kali, serta pemilik podium terbanyak dengan sembilan kali naik podium. Dengan kata lain, pembalap berusia 36 tahun tercatat sebagai pemegang rekor terbanyak pole positions dan podium saat ini.

2. Marc Marquez

Pembalap berjuluk Si bayi Alien itu adalah juara bertahan di Grand Prix Italia. Musim lalu, Marquez merebut kemenangan keenam berturut sepanjang musim di Italia dan memuluskan langkahnya sebagai juara saat itu.

Musim ini, Marquez masuk sebagai salah satu dari tiga pembalap asal Spanyol yang dalam lima musim terakhir selalu menguasai balapan di Italia. Kemenangan pertamanya menyamai prestasi Dani Pedrosa dan Alex Criville yang pernah menang sekali dan hanya kalah dari Lorenzo yang juara tiga kali di Italia.

3. Jorge Lorenzo

Rider berusia 33 tahun itu adalah pembalap ketiga dalam daftar pembalap yang paling sering menang. Total 3 kali juara dari enam podium yang ia dapat di Mugello. Ia juga pernah merebut pole positions sekali di Mugello.

4. Dani Pedrosa

Pedrosa punya catata bagus ketika berlaga di kualifikasi Grand Prix Italia. Ia sudah tiga kali menjadi yang tercepat dan menguasai jalannya balapan sejak awal.

Selain itu, Pedrosa juga pernah memenangi sekali balapan di Italia pada 2010 lalu. Saat itu, ia jadi pembalap Spanyol pertama sejak 1999 lalu ketika Alex Criville juara.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7587 seconds (0.1#10.140)