Cendrawasih Ditetapkan Jadi Maskot Asian Games 2018

Jum'at, 29 Mei 2015 - 17:27 WIB
Cendrawasih Ditetapkan Jadi Maskot Asian Games 2018
Cendrawasih Ditetapkan Jadi Maskot Asian Games 2018
A A A
YOGYAKARTA - Cendrawasih dipilih menjadi maskot penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Indonesia. Rencananya pada 1 Juni mendatang secara resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar sayembara pembuatan maskot tersebut.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan, cenderawasih dipilih karena hewan khas Indonesia tersebut dapat menjadi ikon jati diri bangsa. Burung yang cantik tersebut diklaim mampu menunjukan kesemangatan yang diharapkan bisa menjadi triger bagi atlet-atlet Indonesia berjuang demi bangsa di event olahraga se-Asia tersebut.

"Maskot sudah pasti Cendrawasih. Cantik dan menampilkan kesemangatan biar mendorong atlet kita semangat untuk bertanding," tandasnya di Yogyakarta, Jumat (29/5/2015).

Mengenai persiapan, setelah melaporkan kesiapan ke Olympic Council of Asia (OCA) di Teheran, saat ini sudah memasuki tahapan evaluasi kesiapan venue pertandingan. Pencermatan venue dilakukan di sejumlah daerah seperti Sumatera Selatan, Jakarta dan Jawa Barat.

Ditargetkan September mendatang, sudah ada kepastian kesiapan venue-venue pertandingan tersebut. "September Insya Allah semuanya sudah ada kejelasan untuk venue pertandingan," tandasnya.

Sementara itu mempertimbangkan kemeriahan acara, selain maskot rencananya Kemenpora akan membuat cinderamata untuk kontingen peserta Asian Games. Trend batu akik akan dimanfaatkan dengan menjadikannya sebagai sovenir dari Indonesia. Diharapkan hal tersebut dapat mendorong perkembangan batu mulia dan akik Indonesia semakin mendunia.

Terpisah sebelumnya Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia Nina Pramono menyebutkan, untuk senam rencananya akan memanfaatkan gedung di daerah Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai lokasi penyelenggaraan pertandingan. Dari kesiapan gedung, sudah mendapatkan persetujuan KOI untuk dipergunakan.

Saat ini sedang diinventarisasi kebutuhan sarana pelengkap dari gedung milik swasta yang dinilai sangat representatif tersebut. "Kita sudah diminta untuk mengajukan proposal untuk penyediaan sarana dan prasarananya ke Kemenpora," tandasnya.

Sejumlah kekurangan yang harus dipenui selain peralatan senam adalah, podium untuk penonton, serta pembagian ruang menjadi ruang pertandingan dan ruang pemanasan atlet. Khusus untuk alat senam, akan disediakan dua set khusus untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6109 seconds (0.1#10.140)