Berhasil Jalani Cangkok Alat Vital, Pria Afsel Jadi Calon Ayah

Jum'at, 12 Juni 2015 - 16:59 WIB
Berhasil Jalani Cangkok Alat Vital, Pria Afsel Jadi Calon Ayah
Berhasil Jalani Cangkok Alat Vital, Pria Afsel Jadi Calon Ayah
A A A
JOHANESBURG - Seorang pria asal Afrika Selatan (Afsel) yang sukses menjalani operasi cangkok alat vital pertama di dunia kini akan menjadi calon ayah. Organ vital hasil tranplantasi itu bisa berfungsi normal, di mana pasangan pria itu kini hamil.

Pria yang identitasnya dirahasiakan itu menjalani operasi tansplantasi organ kemaluan pada Desember 2014. Normalnya organ vital hasil transplantasi itu diungkap Urolog Andre van der Merwe, dokter yang memimpin tim operasi.

”Saya diberitahu oleh dia, bahwa pasangannya hamil sekitar empat bulan,” kata Van der Merwe, ahli medis yang berbasis di Stellenbosch University. (Baca: Pria Afsel Jalani Cangkok Alat Vital Pertama di Dunia)

”Kami senang bahwa tidak ada komplikasi dan organ vitalnya yang berfungsi dengan baik,” lanjut dia kepada AFP, Jumat (12/6/2015). ”Tidak ada yang mencegah dia untuk memiliki anak karena spermanya tidak terpengaruh.”

Dia mengaku kaget dengan cepatnya pemulihan pria itu. Semula dia memprediksi, organ vital hasil transplantasi bisa berfungsi normal dalam dua tahun usai operasi.

Van der Merwe masih ingat operasi selama embilan jam berlangsung pada 11 Desember 2014 di Rumah Sakit Tygerberg, di Cape Town.Menurutnya, tiga tahun silam pasiennya tersebut harus menjalani amputasi pada organ vital karena mengalami kegagalan saat sunat secara tradisional.

Sejak berita keberhasilan operasi cangkok organ vital itu tersebar, ahli medis itu kebanjiran permitaan operasi serupa. ”Saat ini kami memiliki sekitar sembilan orang di program (operasi) kami," katanya. Menurutnya, kendala utama dalam operasi itu adalah menemukan pendonor organ vital.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)