Target Meleset, Menpora: Posisi Indonesia Memprihatinkan

Minggu, 14 Juni 2015 - 15:39 WIB
Target Meleset, Menpora: Posisi Indonesia Memprihatinkan
Target Meleset, Menpora: Posisi Indonesia Memprihatinkan
A A A
JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi mengakui ada beberapa cabang olahraga (cabor) unggulan Indonesia meleset dari target yang dicanangkan pada SEA Games 2015. Cabang panahan, renang, boling, termasuk yang tak mencapai target. Efeknya, kata Imam, posisi Indonesia di klasemen perolehan medali sangat memprihatinkan.

Dua hari jelang penutupan (16 Juni), Indonesia masih tercecer di peringkat 5 dengan 43 emas, 54 perak, dan 65 perunggu (Minggu, pukul 15.00 WIB). Torehan itu jauh dari target yag dicanangkan Menpora dengan 72-79 keping emas untuk memperbaiki posisi ke peringkat 2.

Menpora menyatakan beberapa cabor tidak bisa memenuhi target emas. Di cabor panahan, dari empat peluang emas, Indonesia hanya mengamankan dua keping, yakni nomor tim campuran recurve dan individual recurve putri. Sedangkan tim putra dan putri recurve menyumbang perak.

Medali emas diraih Ika Yuliana dan Riau Ega Agata yang mengalahkan pasangan Malaysia, Khairul Anuar Mohamad dan Shin Hui Loke di final dengan skor 5-1. Sedangkan nomor individual, Titik Kusumawardani menang atas atlet Vietnam, Thi Dao Loc dengan skor 6-0.

Cabor boling juga meleset dari target. Tak ada satu pun emas yang disumbang tim Indonsesia. Ryan Leonard Lalisang dkk hanya meraih dua perak dan satu perunggu. Sementara cabang renang, tim Indonesia hanya menyumbang satu emas di nomor 50 m gaya dada melalui Indra Gunawan.

"Posisi Indonesia dalam klasemen sementara masih memprihatinkan. Ada beberapa cabang unggulan yang meleset dari target meski para atlet sudah berjuang keras dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya," kata Imam Nahrawi seperti dilansir laman resmi Kemenpora (kemenpora.go.id), Minggu (14/6/2015).

"Kami berharap atlet yang akan terjun dalam perebutan medali pada dua hari terakhir lomba bisa meraih prestasi maksimal. Kami minta kepada kontingen agar terus berjuang dan jangan menyerah hingga akhir,” ujar Menpora menyemangati kontingen Merah Putih.

Menurut Menpora selisih perolehan medali emas dengan Malaysia seharusnya bisa menipis jika saja di beberapa nomor cabor unggulan tidak terpeleset. "Dalam dua hari terakhir SEA Games 2015, kami harapkan atlet Merah Putih dapat memberikan hasil terbaik guna menjaga martabat bangsa," tambah Imam.

Hingga Minggu, pukul 15.00 WIB, Thailand masih berjaya dengan mengoleksi 83 emas, 81 perak, dan 63 perunggu. Lalu, tuan rumah Singapura (76-68-96), Vietnam (71-46-56), Malaysia (53-45-62), Indonesia (43-54-65), Filipina (25-33-64).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7592 seconds (0.1#10.140)