Taliban Peringatkan ISIS Tak Berulah di Afghanistan

Selasa, 16 Juni 2015 - 17:37 WIB
Taliban Peringatkan ISIS Tak Berulah di Afghanistan
Taliban Peringatkan ISIS Tak Berulah di Afghanistan
A A A
KABUL - Kelompok Taliban di Afghanistan pada Selasa (16/6/2015) memperingatkan pemimpin kelompok ISIS untuk tidak masuk dan berulah di Afghanistan. Peringatan dari Taliban itu disampaikan dalam sebuah surat untuk pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau dalam bahasa Arab dikenal sebagai Daesh tidak pernah mengakui kehadirannya di Afghanistan. Tapi, kelompok militan di Afghanistan sudah cemas jika ISIS muncul dan berulah di negara itu.

Dalam sebuah surat untuk Baghdadi, Taliban bersikeras bahwa "jihad” melawan Amerika dan sekutunya harus dilakukan di bawah satu bendera dan satu kepemimpinan.

”Emirat Islam (Taliban) tidak mempertimbangkan banyaknya ‘jihad’ yang menguntungkan, baik untuk kelompok jihad maupun bagi umat,” bunyi surat yang ditandatangani oleh wakil pemimpin Taliban, Mullah Akhtar Mohammad Mansur.

”Keputusan Anda merebut (wilayah) dari kejauhan akan membuat (ISIS) kehilangan dukungan dari ulama, mujahidin dan membuat imarah dipaksa untuk bereaksi,” lanjut bunyi surat Taliban itu, seperti dikutip AFP.

Surat itu diterbitkan di situs Taliban dalam bahasa Pashto, Urdu, dan Arab. Kelompok Taliban telah melihat adanya pembelotan dari anggotanya dalam beberapa bulan terakhir. Di mana, para anggotanya yang membelot telah mengadopsi bendera ISIS untuk mengubah citranya sebagai kekuatan yang lebih mematikan untuk mengusir tentara NATO dari Afghanistan.

Pada pekan lalu, media lokal melaporkan pertempuran pecah antara Taliban dan pendukung ISIS di Afghanistan timur. Para korban dari kedua kubu berjatuhan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4329 seconds (0.1#10.140)