alexa snippet

Steve Kerr, Pelatih Debutan Ber-DNA Juara Sejak Jadi Pemain

Steve Kerr, Pelatih Debutan Ber-DNA Juara Sejak Jadi Pemain
Steve Kerr, pelatih yang langsung membawa Golden State Warriors juara NBA musim ini, sudah sering meraih juara sejak masih aktif sebagai pemain. | Reuters
A+ A-
CLEVELAND - Golden State Warriors sukses merengkuh juara NBA 2015 usai mengalahkan Cleveland Cavaliers di game kelima dengan skor 105-97 di Quicken Loans Arena, Rabu (17/6/2015). Pelatih Steve Kerr, jelas jadi sosok utama dibalik kesuksesan utama Warriors memecah kutukan selama 40 tahun.

Warriors yang membungkam Lebron James dkk di depan pendukungnya sendiri, berhasil merebut empat kemenangan dalam enam pertandingan final yang menggunakan sistem best of seven. Trofi juara yang terakhir digenggam Warriors pada 1975 lalu, akhirnya kembali ke pelukan Stephen Curry dkk. (Baca Juga: Warriors Sabet Gelar Juara NBA 2015)

Steve Kerr jelas jadi sosok utama keberhasilan Warriors bisa kembali jadi tim basket yang disegani. Meski baru menjalani kariernya sebagai pelatih, DNA juara tampaknya sudah mengalir sejak dia masih aktif sebagai pemain.

Steve Kerr pernah membela enam tim besar sejak memulai kariernya di NBA musim 1988. Diawali dengan berseragam Phoenix Suns, pelatih berusia 49 tahun itu menutup kariernya di San Antonio Spurs.

Dalam kurun 15 tahun aktif sebagai pemain, pria bernama lengkap Stephen Douglas Kerr itu sudah menyabet lima kali juara. Tiga di antaranya bersama Chicago Bulls, serta dua kali bersama San Antonio Spurs.

Kerr juga jadi pemain kebanggaan tim basket Universitas Arizona yang jadi tempatnya menimba ilmu soal basket sebelum bergabung dengan Phoenix Suns. Lima musim berseragam Arizona, nomor punggung 25 milik Kerr dipensiunkan kampusnya dan jadi salah satu dari lima nomor yang tak boleh digunakan lagi.

Sepak terjang Kerr di dunia basket memang terbilang lengkap sejak masih berstatus mahasiswa, pemain hingga menjadi pelatih. Menyamai raihan Pat Riley sebagai rookie pelatih yang membawa Lakers juara 1982 silam, tak salah Steve Kerr terpilih sebagai pelatih All Star NBA 2015.



(bbk)
dibaca 4.192x
loading gif
Top