Teknologi Kamera pada MotoGP Lahir di Sirkuit Assen

Jum'at, 26 Juni 2015 - 17:25 WIB
Teknologi Kamera pada MotoGP Lahir di Sirkuit Assen
Teknologi Kamera pada MotoGP Lahir di Sirkuit Assen
A A A
ASSEN - Balapan di Sirkuit Assen, Belanda musim ini menandai ulang tahun ke-30 teknologi kamera (on board) pada motor dalam penyelenggara balapan MotoGP. Teknologi tersebut membantu pemirsa menikmati balapan dari sudut pandang kontestan.

MotoGP.com melaporkan, Pada tahun 1985, GP Belanda untuk pertama kalinya menjadi balapan dengan tambahan perangkat baru, yakni kamera yang di pasang pada motor. Pada balapan tersebut, pembalap Amerika Serikat - Randy Mamola keluar sebagai pemenang.

Setelah percobaan pertama tersebut, Dorna Sports mulai fokus mengembangkan perangkat kamera mini sebagai bagian yang terintegrasi dengan motor balap. Pada 1992, Dorna akhirnya memperoleh hak untuk memasang kamera pada balapan grand prix secara berkesinambungan dan terus mengembangkan kamera dari sisi kualitas video dan bobot.

Setelah memangkas hampir setengah bobot kamera, pada 2002-2006 Dorna mulai berani memasang multi kamera pada motor kontestan. Awalnya dua buah, kemudian empat kamera mampu dipasang pada satu motor sehingga memberikan banyak kelebihan bagi para teknisi.

Setelah mengalami pengembangan, pada 2007 Dorna mengalami trobosan dengan mengganti kamera analog dengan transmisi digital. Memungkinkan untuk me-relay gambar melalui helikopter. Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan besar dalam teknologi on board adalah lompatan dari kualitas gambar ber-resolusi SD menjadi HD.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7773 seconds (0.1#10.140)