Marquez Protes, Rossi Sindir Insiden Laguna Seca

Senin, 29 Juni 2015 - 09:13 WIB
Marquez Protes, Rossi Sindir Insiden Laguna Seca
Marquez Protes, Rossi Sindir Insiden Laguna Seca
A A A
ASSEN - Kemenangan Valentino Rossi di Grand Prix Belanda, Sabtu (27/6/2015), lalu tak lepas dari aksi nekatnya meladeni perlawanan sengit Marc Marquez di tikungan terakhir Sirkuit Assen. Ketika sang lawan menyindir kemenangannya, Rossi langsung mengingatkan hal tersebut dengan apa yang terjadi di Sirkuit Laguna Seca saat GP Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

Rossi yang berhasil naik podium paling tinggi di Belanda, mengalahkan Marquez secara dramatis dengan memotong jalur tikungan terakhir untuk memastikan kemenangannya. Insiden tersebut sangat mirip dengan apa yang terjadi di Grand Prix Amerika Serikat yang digelar di Sirkuit Laguna Seca, dalam kurun tujuh tahun lalu.

Pada 2008, Rossi yang sedang bersaing dengan Casey Stoner, bersaing sengit di Grand Prix Amerika. Stoner yang sempat memimpin balapan, disalip lawannya dari luar lintasan yang berpasir dan curam. Keduanya pun saling salip-menyalip hingga akhirnya Rossi keluar sebagai pemenang, dan Stoner malah terjatuh dan menyelesaikan balapan di posisi ketiga.

Insiden itu akhirnya terulang juga dalam rivalitas Rossi dan Marquez. Di tempat yang sama 2013 lalu, Marquez menyalip seniornya itu dari luar lintasan juga hingga akhirnya memenangi balapan, persis seperti apa yang dilakukan Rossi dua hari lalu.

Seusai balapan, Marquez dan Rossi yang diwawancara dalam sesi tanya jawab, saling berbalas argumen menyikapi insidennya yang memang sempat jadi perdebatan. Pembalap Honda yang menyindir keputusan Direktur Balap MotoGP tetap mengesahkan kemenangan lawannya, Rossi membalasnya dengan menguak memori pertarungannya di Laguna Seca, 2008 dan 2013 lalu.

(Baca Juga: Rossi Ingatkan Marquez, MotoGP Bukan Permainan Playstation)


"Saya tak tahu itu," ucap Marquez menanggapi pertanyaan apakah Direktur Balap MotoGP sedikit berpihak pada Rossi. "Kami akan lihat ke depannya. Ketika ada seseorang melakukan hal yang sama, kami bisa bilang "ah, Valentino saja tidak apa-apa," sindirnya dilansir Crash.

Rossi pun secepat kilat membalasnya: "Tapi kami bisa lihat apa yang terjadi di Laguna Seca lalu," balasnya mengacu pada persaingannya dengan Marquez dan Stoner di Amerika.

Kemenangan tersebut memang jadi sempat perdebatan di jajaran pejabat MotoGP. Pada akhirnya, Rossi tetap dinyatakan menang bersih setelah Direkur Balap MotoGP, Mike Webb, melihat pantauan kamera helikopter yang jadi acuannya.

(Baca Juga: Rossi Menang Berdasarkan Sudut Kamera Helikopter)
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1097 seconds (0.1#10.140)