Nenek Super Ini Pimpin Polisi Afghanistan

Rabu, 22 Juli 2015 - 21:25 WIB
Nenek Super Ini Pimpin Polisi Afghanistan
Nenek Super Ini Pimpin Polisi Afghanistan
A A A
KABUL - Bila dilihat sekilas, Ferozah terlihat seperti nenek-nenek pada umumnya. Tidak ada yang spesial darinya. Namun, sejatinya nenek berusia sekitar 70 tahun tersebut adalah seorang Kepala Polisi di salah satu wilayah di Afghanistan.

Ferozah adalah seorang Kepala Polisi di kawasan Sistani, Provinsi Marjah, Afghanistan. Melansir BBC pada Rabu (22/7/2015), nenek dua cucu ini pernah mendapatkan penghargaan tertinggi untuk wanita di Afghanistan, yakni medali Malalai.

Dirinya mengaku mulai mengabadikan diri untuk menjadi abdi negara, setelah anak laki-lakinya terbunuh oleh Taliban. Sejak saat itu, dirinya mulai terlibat dalam pertempuran antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban.

Saat bertempur dahulu, Ferozah mengaku kerap diejek oleh Taliban karena dirinya adalah seorang wanita tua, dan sudah cukup berumur. Namun, dirinya tidak menyerah, dan terus berjuang hingga akhirnya pemerintah Afghanistan memenangkan pertempuran atas kelompok tersebut.

"Kelompok Taliban mengejek saya. Mereka bilang, saya sudah tak punya apa-apa dan lebih baik mempersenjatai cucu saya saja. Tapi, pemerintah menang dan mereka (Taliban) yang kalah," ucap Ferozah.

Ferozah saat ini masih aktif terlibat dalam perjuangan pemerintah Afghanistan dalam membersihkan Taliban. Kali ini dia tidak sendiri, dia ditemani oleh dua cucunya, Faizal Mohammed (13) dan Sultan Mohammed (14).

Sementara itu, Afghanistan dan Taliban sendiri saat ini tengah berusaha menyelesaikan konflik antara keduanya melalui jalur dialog. Pertemuan pertama keduanya terjadi beberapa waktu lalu di Pakistan, dan saat ini Pemerintah Afghanistan dan Taliban tengah bersiap untuk mengadakan pertemuan kedua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4710 seconds (0.1#10.140)