Serangan AS di Afghanistan Habisi Komandan Top al-Qaeda

Jum'at, 24 Juli 2015 - 17:41 WIB
Serangan AS di Afghanistan Habisi Komandan Top al-Qaeda
Serangan AS di Afghanistan Habisi Komandan Top al-Qaeda
A A A
BAGHDAD - Sebuah serangan udara Amerika Serikat (AS) di Afghanistan menewaskan seorang komandan senior al-Qaeda. Hal itu diungkap Kepala Pentagon, Ashton Carter saat kunjungan ke Baghdad, Irak, hari ini (24/7/2015).

Serangan itu juga menewaskan dua militan al-Qaeda lainnya. Serangan itu berlangsung di Provinsi Paktika, pada 11 Juli 2015. Komandan top al-Qaeda yang tewas adalah Abu Khalil al-Sudani.

“Dia komandan operasional al-Qaeda tingkat tinggi,” bunyi pernyataan Carter yang dirilis kepada wartawan di Irak.

Al-Sudani dianggap komandan yang bertanggung jawab untuk setiap operasi bom bunuh diri al-Qaeda. ”Al-Sudani adalah salah satu dari tiga ekstremis yang tewas dalam serangan itu. Kematian al-Sudani akan menurunkan operasi al-Qaeda di seluruh dunia,” lanjut pernyataan Kepala Pentagon.

Pentagon selain menggambarkan Sudani sebagai komandan untuk operasi bom bunuh diri, juga sebagai anggota senior Dewan Syura kelompok yang didirikan Osama bin Laden itu. Tokoh al-Qaeda itu bahkan dituduh terkait langsung dengan rencana serangan terhadap Amerika Serikat.

”Dia juga mengarahkan operasi terhadap koalisi, Afghanistan dan pasukan Pakistan, serta mempertahankan hubungan dekat dengan al-Zawahiri, pemimpin Al-Qaeda,” imbuh pernyataan Carter, seperti dikutip AFP.

Carter mengapresiasi kerja Jenderal John Campbell, komandan NATO di Afghanistan yang dianggap berjasa dalam operasi militer yang menewaskan Sudani. ”Kami akan terus melawan kekerasan ekstremisme di kawasan dan dunia,” kata Carter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3477 seconds (0.1#10.140)