Arab Saudi Akan Bangun Gedung Pencakar Langit 400 Meter di Riyadh

Minggu, 19 Februari 2023 - 15:45 WIB
loading...
Arab Saudi Akan Bangun Gedung Pencakar Langit 400 Meter di Riyadh
Arab Saudi Akan Bangun Gedung Pencakar Langit 400 Meter di Riyadh. FOTO/Hoteliermiddleeast
A A A
RIYADH - Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan rencana untuk membangun gedung pencakar langit berbentuk kubus setinggi 400 meter. Gedung itu akan diberi nama Mukaab. Proyek ini adalah bagian dari rencana pengembangan pusat kota Murabba di Riyadh.

Seperti dilaporkan Dezeen, Mukaab akan dibangun di barat laut pusat kota Riyadh. Pembangunan seluas 19 kilometer persegi sedang direncanakan sebagai pusat kota baru untuk ibu kota Saudi.



Digambarkan sebagai "wajah baru Riyadh", gedung itu akan dibangun di sekitar struktur Mukaab, yang akan menjadi "salah satu bangunan terbesar di dunia".

Strukturnya akan setinggi 400 meter, membuatnya resmi menjadi gedung pencakar langit super tinggi, dan panjang 400 meter di setiap sisinya. Ini akan menjadi gedung tertinggi di kota.

Bangunan berbentuk kubus itu akan ditutup dengan fasad yang terbuat dari bentuk segitiga yang tumpang tindih yang diinformasikan oleh gaya arsitektur Najdi modern. Bangunan ini akan berisi dua juta meter persegi pertokoan, atraksi budaya dan wisata dan memiliki ruang atrium yang akan berisi menara spiral.

Gedung pencakar langit Mukaab merupakan bagian dari distrik Murabba yang lebih luas, yang diumumkan oleh putra mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS), ketua Perusahaan Pengembangan Murabba Baru yang baru dibentuk.



Proyek ini akan terletak di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid ke Barat Laut Riyadh, seluas 19 kilometer persegi, untuk menampung ratusan ribu penduduk. Proyek ini akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai.

Proyek ini juga menampilkan lebih dari 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, dan lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel, serta 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi aset rekreasi, dan 1,8 juta m2 ruang yang didedikasikan untuk fasilitas komunitas.

Menurut pemerintah Arab Saudi, proyek ini akan selesai pada tahun 2030. Ini adalah salah satu dari beberapa mega proyek yang saat ini sedang dikembangkan di Arab Saudi, yang didanai oleh Dana Investasi Publik sebagai bagian dari rencana Saudi Vision 2030 untuk mendiversifikasi ekonomi negara.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)