10 Fakta Menarik GP Indianapolis

Selasa, 04 Agustus 2015 - 09:43 WIB
10 Fakta Menarik GP Indianapolis
10 Fakta Menarik GP Indianapolis
A A A
INDIANA - Para pembalap MotoGP musim 2015 siap melanjutkan kembali persaingan mereka di Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat, akhir pekan ini. Balapan perdana di paruh kedua musim ini diprediksi sengit mengingat beberapa unggulan sedang berada dalam kondisi terbaiknya.

Juara bertahan Marc Marquez menegaskan dirinya belum tersingkir dari persaingan setelah merebut kemenangan keduanya di Grand Prix Jerman, 13 Juli lalu. Kesuksesan joki Repsol Honda itu jelas jadi ancaman serius duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang kini masih menguasai klasemen pembalap sementara. (Klik di sini untuk update klasemen pembalap)

Maka tak heran, rivalitas lima pembalap papan atas, termasuk duo Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, bakal jadi tontonan menarik di akhir pekan nanti. Selain tekad merebut kemenangan yang bakal diusung, sejumlah fakta menarik lainnya akan memanaskan aroma persaingan di atas lintasan sepanjang 4,2 km tersebut.

Sindonews
coba merangkumnya dalam 10 fakta menarik GP Indianapolis yang dihimpun dari Foxsports, Selasa (4/8/2015). Catatan tersebut membahas jumlah kemenangan hingga pembalap yang selalu sial di lintasan Negeri Paman Sam tersebut.

1. GP Indianapolis akhir pekan nanti akan jadi ajang ke-28 Amerika Serikat menggelar balapan. Dua balapan pertama digelar di sirkuit legendaris Daytona, tiga kali di Sirkuit Austin, 15 kali di Sirkuit Laguna Seca, serta tujuh kali digelar di Indianapolis.

2.
Edisi perdana GP Indianapolis pada 2008 punya kisah menarik. Ketika itu, terjangan Badai Ike yang melanda Amerika Serikat dan memporak-porandakan kejuaraan. Balapan kelas 250cc ditiadakan akibat hujan yang disertai angin kencang. Sedangkan balapan kelas 125cc dan MotoGP tetap digelar namun dengan jumlah lap yang lebih sedikit. (Baca Juga: Kisah Mencekam nan Indah Rossi di Indianapolis)

3.
Yamaha hanya menang di Indianapolis dalam dua edisi perdana yakni 2008 dan 2009 lewat aksi Valentino Rossi serta Jorge Lorenzo. Sedangkan Honda merajai lima musim terakhir berkat Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

4.
Belum pernah ada pembalap tuan rumah yang berjaya di Indianapolis. Catatan terbaik hanya didapat Nicky Hayden yang menempati podium kedua pada 2008 lalu.

5.
Selain tidak pernah merebut kemenangan, pembalap asal Amerika Serikat juga selalu gagal merebut pole positions sejak 2010. Terakhir, hanya Ben Spies yang merajai sesi kualifikasi dengan mengalahkan Lorenzo dan Hayden.

6.
Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling banyak menaiki podium di Indianapolis. Pembalap kebangsaan Spanyol itu merebut juara pertama satu kali, runner up dua kali, dan menempati podium paling buncit sebanyak tiga kali.

7.
Dalam empat musim terakhir, kemenangan di Indianapolis selalu diraih oleh pemilik pole position. Mulai dari Stoner hingga Marquez tahun lalu, Honda selalu meraih kemenangan berkat hasil manis di sesi kualifikasi. (Baca Juga: Marquez Sudah Kubur Ambisi Kalahkan Rossi)

8.
Ducati tercatat hanya sekali meraih podium di Indianapolis pada 2009. Ketika itu Hayden yang baru hijrah dari Honda, membawa tim asal Italia merebut podium ketiga.

9.
Suzuki punya catatan buruk di Indianapolis. Pembalap mereka selalu gagal finis di posisi lima besar. Prestasi terbaik Suzuki hanya menempati urutan keenam dan itu dilakukan oleh Ben Spies pada 2008 serta Alvaro Bautista tiga tahun berikutnya.

10. Hanya ada empat pembalap yang sudah mengikuti seluruh kejuaraan di Indianapolis sejak pertama kali digelar. Rossi, Lorenzo, Dovizioso dan Pedrosa adalah pembalap yang sudah merasakan persaingan di sana sejak 2008 lalu.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9778 seconds (0.1#10.140)