Kisah Johny Lumintang, Jabat Pangkostrad hanya 17 Jam

Senin, 06 Maret 2023 - 17:03 WIB
loading...
Kisah Johny Lumintang, Jabat Pangkostrad hanya 17 Jam
Johny Lumintang merupakan mantan Perwira Tinggi TNI yang menjabat sebagai Pangkostrad hanya selama 17 jam saja. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Johny Lumintang merupakan mantan Perwira Tinggi TNI yang menjabat sebagai Pangkostrad hanya selama 17 jam saja. Purnawirawan TNI kelahiran 28 Juni 1947 itu merupakan lulusan AKABRI tahun 1970.

Beberapa jabatan penting sempat dijabatnya ketika masih berseragam militer. Seperti Komandan Batalyon Infanteri 751, Dandim Merauke dan Jayapura, Kepala Staf Daerah Militer VII hingga Panglima Kodam XVII/Cenderawasih.

Ketika masih menjadi Panglima Kodam, Johny sempat tergabung dalam ekspedisi Rajawali untuk membebaskan para peneliti ekspedisi lorentz 1995 yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka.

Baca juga : 5 Pangkostrad dengan Masa Jabatan Tersingkat, Nomor Terakhir Tak Sampai Sehari

Kisah 17 jam menjabatnya pria asal Minahasa sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini dimulai ketika mundurnya Soeharto sebagai Presiden Indonesia pada 21 Mei 1998.

Menurut channel YouTube Polemik, mundurnya Soeharto sebagai Presiden ini juga yang membuat karier Prabowo Subianto kala itu menjabat sebagai Pangkostrad jatuh.

Setelah Prabowo lengser, jabatan Pangkostrad diduduki oleh Johny Lumintang. Sebelumnya terdapat empat calon yang diyakini dapat menggantikan jabatan Prabowo.

Mereka adalah Johny Lumintang, Djaja Suparman, Djamari Chaniago, dan Endriartono Sutarto. Dari keempat Perwira Tinggi TNI tersebut Johny lah yang dinilai paling pantas menjabat sebagai Pangkostrad.

Baca juga : 5 Panglima Kostrad dengan Masa Jabatan Terlama, Terakhir Sampai 4 Tahun

Johny dinilai memiliki poin lebih lantaran sepak terjangnya di TNI yang tidak diragukan lagi. Dia pun akhirnya ditunjuk sebagai Pangkostrad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)