LA Resmi Ngelamar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

Rabu, 02 September 2015 - 13:58 WIB
LA Resmi Ngelamar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024
LA Resmi Ngelamar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024
A A A
LOS ANGELES - Setelah sekian lamanya, akhirnya Los Angeles mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2024. LA akan menggantikan Boston yang sebelumnya mundur dari pencalonan setelah tidak mendapatkan dukungan dari publik dan sisi finansial.

Pengajuan diri LA itu sendiri tak lepas dari suport yang diberikan semua kalangan termasuk pemerintah kota. Mereka akan mencoba peruntungan setelah terakhir kali menjadi tuan rumah pesta akbar olah raga sedunia itu pada 28 tahun silam. Tawaran LA ini pun langsung disahkan Komite Olimpiade AS (USOC) dan Wali Kota LA Eric Garcetti. (Baca juga : Boston Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024)

Dalam pengumuman tersebut, Garcetii didampingi Ketua USOC Larry Probst, Ketua Eksekutif USOC Scott Blackmun, dan Presiden Dewan Kota LA City Herb Wesson, dan Ketua Olimpiade LA 2024 Casey Wasserman.

"Kami senang bisa bermitra dengan LA sebagai bagian dari penawaran AS untuk Olimpiade dan Paralimpic 2024. LA menunjukkan pengalamannya sebagai penyelenggara olimpiade dan tahu bagaimana ajang ini untuk atlet ke pentas dunia dan akan menjadi pengalaman yang luar biasa buat para penggemar," ungkap Blackmun dilansir Insidethegames, Rabu (2/9/2015).

Pengumuman ini setidaknya USOC memenuhi batas waktu yang diajukan IOC untuk penawaran tuan rumah. IOC meminta penawaran terakhir disodorkan pada 15 September.

Jika nantinya LA terpilih sebagai tuan rumah berarti mereka akan menjadi kota kedua setelah London yang pernah tiga kali menggelar olimpiade. Dua event yang pernah digelar di LA saat 1932 dan 1984.

Sementara itu keputusan final kota mana yang terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 akan ditentukan dalam sidang IOC yang akan digelar di Lima, Peru pada 2017 mendatang. LA akan bersaing dengan Budapest, Hamburg, Paris dan Roma. Selain itu Baku dan Toronto juga akan meramaikan persaingan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4632 seconds (0.1#10.140)