Resmi, Indonesia Bersaing Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Rabu, 16 September 2015 - 11:42 WIB
Resmi, Indonesia Bersaing Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017
Resmi, Indonesia Bersaing Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017
A A A
JAKARTA - Indonesia sudah tercatat sebagai salah satu calon tuan rumah MotoGP 2017. Hal ini diketahui dari keputusan International Motorcycling Federation (FIM).

Menurut laporan Sport Rider, Rabu (16/9/2015) Indonesia harus bersaing dengan Kazakhstan, Thailand dan Finlandia. Jika nantinya terpilih, Indonesia akan menjadikan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat sebagai arena persaingan para rider papan atas dunia.

Dari sisi kesiapan, tiga negara saingan Indonesia dinilai lebih mumpuni. Di Thailand, Chang International Circuit sudah rampung direnovasi sehingga Dorna Sports mengadakan putaran World Superbike di sana pada tahun ini. Sementara itu otoritas nasional di Finlandia telah membuat komitmen serius dengan Dorna Sports usai GP San Marino, akhir pekan lalu.

Indonesia sendiri masih berkutat dengan negosiasi uang jaminan yang diminta Dorna. Pemerintah hanya sanggup menyediakan 3 juta euro. Sementara Dorna meminta sekurang-kurangnya 7 juta euro atau setara Rp 110 Miliar. (Baca juga : Imam Nahrawi Targetkan Sentul Gelar MotoGP 2017)

Kabar baiknya, FIM dan Dorna dilaporkan sepakat menambah dua lokasi pada 2017 mendatang. Itu artinya, akan ada 20 balapan dalam satu musim. Melihat hal tersebut, peluang Indonesia untuk bersaing menyelenggarakan MotoGP kembali terbuka. Hal ini juga telah disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

"Kami telah berkirim surat ke pihak-pihak resmi, baik Dorna dan Federasi Balap Internasional. Kami dan Kementerian Pariwisata telah membicarakan anggarannya, meskipun ada angka yang akan dinegosiasi lagi," kata Imam saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Jakarta, Rabu (9/9/2015)lalu.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5278 seconds (0.1#10.140)