Daftar Imam Tarawih Masjidil Haram pada Ramadan 1444 H/2023

Selasa, 21 Maret 2023 - 17:40 WIB
loading...
Daftar Imam Tarawih Masjidil Haram pada Ramadan 1444 H/2023
Masjidil Haram telah mempersiapkan sejumlah syekh yang akan bertugas sebagai imam Salat Tarawih di bulan Ramadan 1444 H. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Masjidil Haram yang berada di Kota Mekah, Arab Saudi telah bersiap menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 H. Salah satunya dengan menggunakan artificial intelligence (AI) untuk memperlancar kunjungan jemaah selama Ramadan.

Mengutip Kantor Berita Arab Saudi, SPA, Presiden Urusan Umum Dua Masjid Suci Sheikh Dr Abdulrahman Al Sudais menjelaskan, dengan teknologi AI, jemaah bisa memanfaatkan robot pintar dan aplikasi elektronik. Hal tersebut merupakan kemudahan yang disediakan bagi jemaah untuk melakukan ibadah di masjid suci tersebut.

Selain itu, Masjidil Haram juga telah mempersiapkan sejumlah syekh yang akan bertugas sebagai imam Salat Tarawih di bulan Ramadan. Daftar nama imam tersebut termuat dalam rilis yang dikeluarkan oleh Takmir Haramain.

Baca juga: Profil Sheikh Saud Al Shuraim, Imam Masjidil Haram yang Mundur karena Tak Pimpin Tarawih

Namun, ada yang berbeda di bulan Ramadan kali ini. Jika biasanya Syekh Prof Dr Saud ash Shuraim selalu hadir mengimami jemaah dalam salat Tarawih, pada Ramadan kali ini ia tidak lagi menjalani tugas tersebut. Hal ini dikarenakan sejak awal 2023, Syeikh Shuraim telah memasuki masa pensiun. Profesi imam dan khatib di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi ini telah ditekuni Syekh Shuraim selama 32 tahun.

Berikut adalah imam tarawih dan tahajjud untuk Ramadan 1444 H/2023 M di Masjidil Haram seperti dilansir dari Haramain Archives:

1. Syekh Prof Dr Abdurrahman as-Sudais
2. Syekh Prof Dr Abdullah al Juhany
3. Syekh Dr Maaher al Mu’aiqly
4. Syekh Dr Bandar Balilah
5. Syekh Prof Dr Yaasir ad Doosary

Selain itu, imam tamu Masjidil Haram juga dapat ditunjuk untuk memimpin salat Tarawih maupun salat Tahajud di Masjidil Haram, yang akan diumumkan ketika waktunya tiba.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)