Tabrak Dinding Pit, Sean Gelael: Ini Pelajaran Berharga bagi Saya

Minggu, 29 November 2015 - 17:42 WIB
Tabrak Dinding Pit, Sean Gelael: Ini Pelajaran Berharga bagi Saya
Tabrak Dinding Pit, Sean Gelael: Ini Pelajaran Berharga bagi Saya
A A A
ABU DHABI - Pebalap Indonesia dari tim Jagonya Ayam with Carlin, Sean Gelael memetik pelajaran berharga padafuture raceseri terakhir GP2 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Sabtu (28/11) malam. Mobil pebalap berusia 19 tahun itu menabrak dinding pit saat lomba tersisa lima putaran.

Peristiwa yang terjadi di lap ke-26 itu bermula ketika Sean memenuhi kewajiban untuk mengganti ban di pit. Saat hendak kembali ke lintasan, ia gagal mengendalikan mobil di jalur keluar pit yang menurun dan agak berkelok. Meskipun telah menginjak pedal rem, mobil tetap meluncur deras ke depan karena kondisi ban baru yang masih dingin belum melekat sempurna dengan permukaan lintasan.

Sayap depan mobil bernomor empat milik Sean rusak sehingga tak bisa dipakai lagi untuk melanjutkan lomba. Insiden itu amat disayangkan mengingat Sean tampil solid dan tengah berada di peringkat ke-19, lima tingkat lebih baik dari posisinya saat start.

''Ini pelajaran berharga buat saya. Sangat disayangkan saya gagal finis untuk yang pertama kali di tengah kondisi mobil yang sebenarnya cukup oke. Semoga saya tampil lebih baik di sprint race hari ini (Minggu),” ungkapnya.

Kondisi pit di Yas Marina memang cukup menantang bagi pebalap. Saat hendak kembali ke lintasan, pebalap mesti melewati terowongan yang didahului dengan jalan menurun dan berkelok-kelok. Karakter itu berbeda dengan pit di sirkuit lain yang umumnya memiliki jalur lurus untuk menuju lintasan.

Ini pertama kalinya Sean gagal menuntaskan lomba di GP2 tahun ini. Pada empat seri sebelumnya, putra mantan pereli nasional Ricardo Gelael itu selalu menyelesaikan balapan dengan mulus. Pada seri GP2 di Bahrain pekan lalu, ia bahkan berhasil meraih hasil terbaiknya musim ini dengan finis di posisi ke-15.

Menurut sang ayah, Ricardo Gelael, peristiwa yang dialami Sean di Abu Dhabi merupakan proses alamiah bagi seorang pebalap. ''Yang terpenting, Sean mampu belajar dari pengalaman, baik suka maupun duka, agar menjadi pebalap yang lebih baik di masa depan,''ujarnya.

Pada balapan kedua atausprint race, hari ini, Sean akan memulai lomba dari posisi ke-19. Ia berpeluang mengulangi pencapaiannya di Bahrain pada balapan yang akan berlangsung selama 45 menit tanpa kewajiban masuk pit itu.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6313 seconds (0.1#10.140)