Berkah Lebaran buat Bisnis Rental Mobil: Kebanjiran Pesanan

Rabu, 19 April 2023 - 15:43 WIB
loading...
Berkah Lebaran buat Bisnis Rental Mobil: Kebanjiran Pesanan
Bisnis rental mobil menuai berkah Lebaran. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Momen mudik Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha rental mobil . Pelaku bisnis ini kerap kebanjiran order dari para pemudik yang hendak pulang kampung untuk merayakan Lebaran.



Salah satu bisnis penyewaan mobil yang turut meraih untung adalah PT Trans Bhinneka Indonesia /Rentalmurah.com. Sepekan sebelum Idulfitri, seluruh armada sudah habis dibooking pelanggan.

Rentalmurah.com sudah memiliki lima cabang yakni Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. "Alhamdulillah seluruh armada kami di 5 cabang semua jalan (dibooking pelanggan)," ungkap Pendiri PT Trans Bhinneka Indonesia/rentalmurah.com, Joko Hariyanto, Rabu (19/4/2023).

Armada yang dimiliki pun bervariasi di antaranya Toyota Avanza, Innova, Fortuner, Hiace, hingg Elf. Armada berupa bus dan minibus juga dimiliki penyewa mobil yang berkantor di Jl. Abdul Gani Raya No 40. Kalibaru, Depok, ini.

Dia mengakui, pihaknya memberlakukan kenaikan tarif rental tahun ini. Namun demikian, dipastikan langkah tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. "Kita semua unit tarifnya naik 20% sesuai tuslah yang telah ditentukan pemerintah untuk harga drop," jelas pria yang akrab disapa Johar ini.

Berkah Lebaran buat Bisnis Rental Mobil: Kebanjiran Pesanan

Joko Hariyanto

Ia juga menambahkan, "Misalnya untuk harga drop ke Surabaya harga normal Rp4 juta maka Lebaran kami naikkan 20% (jadi Rp4,8 juta) karena menghitung konsumsi BBM karena kemacetan dan baliknya kita selalu kosong," imbuh dia.

Dia pun mengungkapkan untuk mudik Lebaran, pihaknya tidak permintaan lepas kunci. Faktor risiko menjadi pertimbangan di balik keputusan tersebut.

"Untuk Lebaran kami tidak melayani lepas kunci karena faktor risiko," sambungnya.



Kebijakan tersebut membuat pelanggan tidak perlu membawa atau memenuhi terlalu banyak persyaratan saat hendak menyewa mobil. Pelanggan tinggal memesan kendaraan yang diinginkan via Whatsapp, membayar DP, datang ke lokasi penyewaan, dan langsung bisa menggunakan kendaraan yang diinginkan setelah membayar lunas.

"Syarat cuma bayar uang saja. Tidak ada syarat lain. Karena kita memang kita tidak pernah lepas kunci," tandas dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)