Honda Civic Type R Torehkan Rekor Baru di Nurburgring

Senin, 24 April 2023 - 19:49 WIB
loading...
Honda Civic Type R Torehkan Rekor Baru di Nurburgring
Honda Civic Type R anyar menorehkan rekor baru di lintasan Nürburgring Nordschleife dalam kategori hot hatch penggerak roda depan. Foto/Autoexpress
A A A
BERLIN - Honda Civic Type R anyar menorehkan rekor baru di lintasan Nürburgring Nordschleife dalam kategori hot hatch penggerak roda depan. Honda Civic Type R baru membukukan waktu tercepat 7 menit 44,881 detik.

Pada tahun 2019, Renault Megane RS TrophyR, edisi khusus seri yang lebih ringan, dinyatakan sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Nürburgring dengan waktu 7 menit 40,10 detik. Namun, pabrikan asal Prancis ini mencapai tonggak sejarah ini pada putaran lintasan sepanjang 20,6 km di trek terkenal itu.

Berbeda dengan Honda Civic Type R yang mencatatkan rekor barunya pada versi lintasan sepanjang 20,8 km. Jarak ini jauh yang lebih panjang dari lintasan yang ditempuh Megane TrophyR saat mencatatkan waktu 7 menit 45,39 detik.



Honda Civic Type R terbaru mencatatkan rekor dengan lintasan bagian yang lebih panjang 200 meter dalam waktu 7 menit 44,881 detik. Torehan waktu ini membuat Honda Civic Type R hampir setengah detik lebih cepat daripada Megane melalui bagian ini.

Honda Civic Type R model terbaru ini ditenagai oleh mesin turbo 2.0L VTEC yang diwarisi dari Civic Type R generasi sebelumnya. Namun, performa mesin ditingkatkan melalui adopsi turbocharger baru sehingga menghasilkan 243kW dan 420Nm, atau mengalami peningkatan 21kW dan 20Nm.

Performa pendinginan bersama pelepasan panas dan performa aerodinamis ditingkatkan melalui berbagai langkah. Di antaranya, perluasan area bukaan gril depan dan area bukaan radiator yang efektif.

Downforce ditingkatkan dengan mengadopsi desain bagian bodi yang berorientasi detail baik di bagian depan maupun belakang kendaraan. Ini menggunakan sistem pengereman yang diwarisi dari model generasi sebelumnya, tetapi dimodifikasi untuk lebih meningkatkan pengendalian rem untuk seluruh rentang kecepatan, dari kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi.



Honda Civic Type R menggunakan ban Michelin Pilot Sport CUP 2 Connect yang grippy dikembangkan bersama dengan Michelin. Model ini memanfaatkan pengembangan Michelin Pilot Sport 4 S, yang merupakan ban standar untuk Civic Type R.

“Di bawah konsep 'Ultimate SPORT 2.0,' kami mengembangkan Civic Type R yang serba baru dengan semangat melampaui pencapaian masa lalu kami. Honda mengupayakan mobil sport FWD terbaik dengan menyempurnakan 'nilai esensial' dan 'emosional daya tarik unik hanya untuk model Type R kami,” kata Hideki Kakinuma, pemimpin pengembangan Civic Type R dikutip dari laman autoexpress, Senin (24/3/2023).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)