Apakah di Rusia Ada Wajib Militer?

Senin, 08 Mei 2023 - 17:17 WIB
loading...
Apakah di Rusia Ada Wajib Militer?
Para wajib militer Rusia dipanggil untuk dinas militer berbaris di tempat berkumpul sebelum keberangkatan mereka ke garnisun, di Omsk, Rusia 10 November 2022. Foto/REUTERS/Alexey Malgavko
A A A
MOSKOW - Rusia memiliki wajib militer yang dilakukan selama 12 bulan untuk pria berusia 18 hingga 27 tahun. Waktu masuk ke pangkalan militernya sendiri dimulai pada musim gugur tanggal 1 Oktober, sementara panggilan musim semi dimulai pada 1 April hingga 15 Juli.

Adapun guru dan pria yang memiliki banyak anak tidak dikenai wajib militer. Pada Selasa 8 Maret 2022, Vladimir Putin, mengatakan tentara wajib militer dan cadangan tidak ambil bagian dalam operasi invasi Rusia di Ukraina.

Rusia telah lama mengandalkan wajib militer untuk meningkatkan angkatan bersenjata. Saat zaman Soviet, banyak pemuda yang melakukan semua yang mereka bisa untuk menghindarinya.

Bagi para calon pendaftar wajib militer, kegagalan untuk hadir di kantor pendaftar dapat dihukum dengan denda besar dan hukuman penjara dua tahun.

Institute for the Study of War memperkirakan sekitar 1,2 juta pria memenuhi syarat untuk wajib militer setiap setahun,tetapi hanya sekitar 400.000 yang benar-benar bertugas.



Wajib militer baru menjalani pelatihan hingga delapan bulan sebelum dikirim ke unit yang ditunjuk. Wajib militer tersebut berlangsung selama 12 bulan, lalu setelah itu tentara dapat bergabung dengan cadangan militer Rusia yang berkekuatan dua juta orang.

Tentara Rusia secara historis menggunakan wajib militer untuk memastikan mereka memiliki cadangan pelatihan militer.

Hal ini dilakukan jika sewaktu-waktu memiliki kebutuhan untuk mobilitas perang besar. Akan tetapi, saat ini mobilisasi terbatas pada tentara dan pelaut yang berusia di bawah 45 tahun dan perwira di bawah 55 tahun.

Pada April tahun 2023, Duma Negara Rusia telah mengesahkan undang-undang untuk mengubah sifat undangan wajib militer dan cara pelaksanaanya. Terdapat peralihan dari undangan fisik menjadi undangan digital dari wajib militer yang ada di Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)