Tour de Bintan Kembali Digelar, 70 Tim Siap Bersaing

Rabu, 23 Maret 2016 - 15:32 WIB
Tour de Bintan Kembali Digelar, 70 Tim Siap Bersaing
Tour de Bintan Kembali Digelar, 70 Tim Siap Bersaing
A A A
JAKARTA - Setelah absen pada 2015 akibat kabut asap, Tour de Bintan (TdB) kembali di gelar pada tahun ini. Kali ini akan ada 70 tim siap adu kecepatan dalam ajang balap sepeda kelas internasional yang diselenggarakan di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, 1-3 April nanti.

Event sport tourism ini akan menghadirkan pengendara sepeda dari 40 negara seperti Singapura, Australia, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan seluruh Asia. Acara yang digelar Pemerintah Kabupaten Bintan ini, sudah mencatat 800 peserta mendaftar dalam ajang bergengsi ini, termasuk dari Amerika, Kanada, Jerman, Perancis dan Selandia Baru.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan bahwa fokus TdB adalah perjalanan sejauh 153 km yang melewati area pusat pulau Bintan pada Stage 1. Meskipun tidak ada tanjakan besar di lintasan, tetapi medan jarang sekali datar dan perjalanan yang melibatkan perbukitan yang berkelok-kelok serta cuaca yang panas serta lembab selalu memastikan pengalaman yang epik di pelana masing-masing peserta.

“Rute tur sedikit bervariasi setiap tahun, menampilkan sisi berbeda dari Bintan. Tahun ini penyelenggara lomba, Meta Sport telah merancang Prologue Time Trial course yaitu balapan pembuka sepanjang 12 kilometer yang dilangsungkan sebelum tahapan (stage) pertama dimulai,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Dengan adanya Prologue, diharapkan akan meningkatkan kompetisi dan tantangan bagi para peserta sekaligus menambah daya tarik event ini. Selain itu, TdB tahun ini dibagi dalam dua kelompok, yakni kelas kompetitif yang terbagi menjadi 4 kategori yakni 1, 2 dan 3 untuk pria, serta kategori wanita.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menambahkan tour juga menawarkan Gran Fondo (Big Ride), bagi pengendara sepeda yang ingin mengalami pengalaman bersepeda seperti pro dalam rute penuh tapi tanpa perasaan stres karena berkompetisi.

Gran Fondo Double ditujukan untuk mereka yang memiliki jiwa petualang tinggi yakni tour mencakup 2 hari bersepeda dengan total lintasan 260 km, sementara untuk mereka yang hanya ingin bersepeda satu hari dapat memilih antara Gran Fondo Classic (153km) dan Gran Fondo Challenge (82km).

“Kami berharap agar ajang ini dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai negara terutama peserta lomba. Penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional ini, juga akan memberikan direct impact dan media value yang tinggi. TdB tahun ini akan mendatangkan sekitar 2.500 peserta dan devisa yang kita peroleh sekitar US$ 2,75 juta” kata Arief.

Jumlah peserta internasional kali ini banyak didominasi oleh warga Singapura yang menyumbang 30 persen dari kuota keseluruhan. Hal ini, mungkin dipengaruhi letaknya yang dekat dengan Pulau Bintan.

Setelah itu ada Inggris dengan prosentasi 19 persen. Kemudian disusul Australia yang menyumbang sekitar 12 persen. Sementara tuan rumah Indonesia menyumbang 6 persen. Menpar juga berharap agar ajang ini sukses dan dapat mendatangkan wisatawan mancanegara serta meningkatkan kualitasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9613 seconds (0.1#10.140)