Doa Saat Melihat Awan Hitam dan Menghadapi Cuaca Buruk

Senin, 15 Mei 2023 - 11:17 WIB
loading...
Doa Saat Melihat Awan Hitam dan Menghadapi Cuaca Buruk
Ketika Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam melihat awan hitam kelam atau mndung tebal, Beliau membaca doa khusus agar terhindar dari keburukan wan hitam tersebut. Foto : Istmewa
A A A
Doa saat melihat awan hitam pekat atau mendung tebal bisa diamalkan ketika menghdapai cuaca ekstrem seperti saat ini. Langit cerah dan panas menyengat, namun secara tiba-tiba berubah mendung dan hujan serta petir biasa terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berikut doa dibaca Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam ketika melihat awan hitam kelam (mendung tebal). Rasulullah akan bergegas meninggalkan semua pekerjaannya dan langsung membaca doa, seperti yang disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi ini. Diriwayatkan Sayyidah Aisyah Radhiyallahu anhu, sesungguhnya Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan salat, kemudian berucap:

“Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ”

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan awan ini).

Dan ketika turun hujan, beliau berucap:

“Allahumma shayyiban nâfi’an”

(Ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan).

Doa Ketika Angin Kencang

Sedangkan saat angin kencang berikut doa yang dibaca dikutip dari buku Maslakul Akhyar, karya Sayid Utsman bn Yahya, berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً وَلَا تَجْعَلْهَا عَذَابًا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رِيَاحًا وَلَا تَجْعَلْهَا ضَرُوْرَةً


Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ fîhâ wa khairamâ ursilat bih, wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ fîhâ wa syarrimâ ursilat bih. Allâhummaj‘alhâ rahmatan wa lâ taj‘alhâ ‘adzâban. Allâhummaj‘alhâ riyâhan wa lâ taj‘alhâ dharûratan.

Artinya, “Wahai Tuhanku, aku minta kepada-Mu kebaikan ini angin, kebaikan barang yang ada di dalamnya, dan kebaikan barang yang diutus melaluinya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan ini angin, kejahatan barang yang ada di dalamnya, dan kejahatan barang yang diutus melaluinya. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin rahmat dan jangan jadikan ini sebagai angin siksa. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin manfaat dan jangan jadikan ini sebagai angin bahaya,”

Doa Memohon Agar Hujan Tidak Menjadi Bencana

Rasulullah ketika melihat awan mendung memohon agar awan yang membawa hujan tidak menjadi penyebab azab atau bencana, tetapi menghadirkan rahmat. Berikut seperti dalam hadis yang diriwayatkan Imam Ibnu Majah dan Imam al-Nasai. Diriwayatkan dari Ibnu al-Musayyab, sesungguhnya Rasulullah SAW ketika melihat awan, beliau bersabda:

“Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba ‘adzâbin”

Artinya : Ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)