Taliban Bantah Mullah Mansour Tewas Akibat Serangan Udara AS

Minggu, 22 Mei 2016 - 19:28 WIB
Taliban Bantah Mullah Mansour Tewas Akibat Serangan Udara AS
Taliban Bantah Mullah Mansour Tewas Akibat Serangan Udara AS
A A A
KABUL - Taliban Afghanistan akhirnya angkat bicara mengenai laporan yang menyebutkan bahwa pemimpin mereka, Mullah Mansour tewas dalam serangan udara yang dilancarkan Amerika Serikat (AS), kemarin. Taliban dengan tegas membantah laporan itu.

Melansir Al Jazeera pada Minggu (22/5), Taliban dengan tegas menolak laporan yang menyebutkan bahwa Mansour telah tewas, dan menyebutkan bahwa Mansour tidak tewas dalam serangan udara yang dilancarakan AS di wilayah perbatasan Afghanistan dan Pakistan.

Ini memang bukan pertama kali muncul laporan bahwa pemimpin Taliban itu tewas, dan ini juga bukan pertama kali Taliban membantah bahwa pemimpin yang baru satu tahun menjabat itu tewas.

Desember lalu, Mansour dikabarkan tewas setelah terluka parah akibat bentrok antar kelompok militan di dalam tubuh Taliban.

Namun, tidak lama Taliban merilis sebuah pesan audio sebagai bukti jika Mansour masih hidup. Pesan berdurasi 16 menit itu mengatakan, laporan yang menyatakan Mansour telah tewas sengaja disebar untuk menciptakan perpecahan di tubuh Taliban.

AS dan Afghanistan sendiri sampai saat ini sejatinya masih berusaha untuk memverifikasi apakah serangan kemarin itu telah menewaskan suksesor Mullah Omar tersebut. Jika benar, ini akan kian melemahkan kekuatan Taliban di Afghanistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)