Mike Tyson: Membawa Petinju Profesional ke Olimpiade itu Konyol

Kamis, 26 Mei 2016 - 11:37 WIB
Mike Tyson: Membawa Petinju Profesional ke Olimpiade itu Konyol
Mike Tyson: Membawa Petinju Profesional ke Olimpiade itu Konyol
A A A
LOS ANGELES - Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson, menyebut rencana membawa petinju profesional ke Olimpiade sebagai wacana konyol. Sebelumnya, Asosiasi Tinju Amatir Dunia (AIBA) ngotot membawa petinju profesional ke pesta olah raga multi-event tersebut.

Tyson menyebut petinju profesional tidak realistis jika bertarung di ajang Olimpiade. Selain bukan kelasnya, kata Tyson, Olimpiade hanya diperuntukan bagi petinju amatir.

"Kalian berpikir bahwa petinju profesional akan melawan amatir? Saya rasa ini hanya wacana, tetapi ini konyol," kata Tyson yang pernah memenangkan medali emas Olimpiade tahun 1981, dikutip Independent, Kamis (26/5/2016).

Senada dengan Tyson, bekas juara dunia kelas berat lain - Lenox Lewis juga menentang rencana membawa petinju profesional ke ajang Olimpiade. Menurut Lewis, kehadiran petinju profesional di ajang tersebut tidak masuk akal.

Rencana untuk membawa petinju profesional ke ajang Olimpiade pertama kali dilontarkan oleh Presiden AIBA, Ching-Kuo Wu pada akhir Februari 2016. Wu merujuk pada keberhasilan Federasi Basket Dunia (FIBA) yang membawa pebasket profesional ke ajang Olimpiade.

Pada tahun 1992, FIBA melakukan terobosan dengan mengikut-sertakan pebasket NBA di ajang Olimpiade. Hingga saat ini, tradisi tersebut terus dilakukan pada pebasket profesional di NBA. (Baca juga : Petinju Profesional Akan Ikut Olimpiade Rio?)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5674 seconds (0.1#10.140)