TPA Rawa Kucing Tangerang Nyaris Penuh Sebabkan Truk Sampah Mengantre Panjang

Rabu, 07 Juni 2023 - 06:37 WIB
loading...
TPA Rawa Kucing Tangerang Nyaris Penuh Sebabkan Truk Sampah Mengantre Panjang
Sejumlah truk sampah tampak mengantre panjang di TPA Rawa Kucing, Tangerang. Foto: MPI Irfan Maulana
A A A
TANGERANG - Kapasitas Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang , nyaris melebihi kapasitas alias overload. Hal ini yang menjadi penyebab puluhan truk sampah antre untuk membuang muatannya itu di TPA itu.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Iwan. Dia juga mengatakan, sampah sudah tampak menggunung di TPA ini.



"Dengan luas 38 hektar itu ya hampir 80 persen sudah terisi," ucapnya kepada wartawan, Rabu (7/6/2023).

Menurutnya, selain kapasitas yang penuh, antrean juga disebabkan karena bongkar muat sampah di TPA Rawa Kucing membutuhkan waktu hingga setengah jam.

"Jamnya (jam kedatangan truk sampah) bersamaan, dan juga memang TPA kita sudah 80 persen penuh, ada penanganannya lambat jadi satu mobil bisa setengah jam untuk penangangannya," terang Iwan.

Iwan mengklaim, semua alat berat untuk mengurai sampah di TPA Rawa Kucing berfungsi dengan baik. Total ada tujuh eskavator atau beko yang dioperasikan setiap harinya.

"Kalau kerusakan hal yang wajar tapi kita tangani dengan secepat mungkin, kan biasanya satu pintu dua alat berat ya kalau itu satu rusak kita maksimalkan yang satunya lagi, keterlambatan satu dua jam," ucapnya.

"Kalau secara penangangan TPA akan kita maksimalkan, kalau penambahan alat berat kita belum tau mungkin ke depan akan kita pikirkan dan usulkan yang pasti kita di LH berbuat semaksimal mungkin untuk penumpukan, antrean," tambahnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)