Mualaf: Kisah 6 Orang Etnis Korea di Kyrgyzstan Memeluk Islam

Rabu, 07 Juni 2023 - 09:08 WIB
loading...
Mualaf: Kisah 6 Orang Etnis Korea di Kyrgyzstan Memeluk Islam
Abdusabr. muslim Korea di Kyrgyztan. Foto/Ilustrasi: YouTube
A A A
Kisah etnis Korea yang tinggal di Asia Tengah semakin menarik. Belakangan mereka cenderung memeluk Islam . Majalah Islam Umma belum lama ini merilis video di kanal YouTubetentang kisah 6 warga Korea lokal di Kyrgyzstan yang masuk Islam.

Orang Korea pertama kali datang ke Asia Tengah hampir 90 tahun yang lalu. Pada tahun 1937, sekitar 171.781 orang Korea yang tinggal di provinsi Timur Jauh Uni Soviet dikirim secara paksa ke Kazakhstan dan Uzbekistan , yang kala itu berada di bawah kendali Soviet .

Pihak berwenang mengusir orang-orang Korea ini karena mereka dicurigai sebagai mata-mata Jepang. Pada saat itu Uni Soviet dan Jepang sedang berperang.



Beberapa dari orang Korea yang dideportasi ini menetap di negara tetangga, Kyrgyzstan . Negeri ini merupakan rumah bagi 17.000 warga Korea. Orang Korea di Kyrgyzstan sebagian besar beragama Kristen, tersebar di kelompok agama Ortodoks, Katolik, dan Protestan. Beberapa lusin anggota komunitas Buddhis kecil Kyrgyzstan, yang terdiri dari sekitar 120 anggota.

Orang Korea yang tinggal di Kyrgyzstan secara substansial berbeda dari orang Korea Selatan dan Korea Utara. Mereka memiliki tradisi dan kebiasaan mereka sendiri. Mereka diintegrasikan ke dalam masyarakat Kyrgyz melalui budaya lokal dan perkawinan antaretnis dengan Kyrgyz dan etnis lainnya.

Integrasi mereka menjadi lebih kompleks karena beberapa mulai masuk Islam pada awal tahun 2000-an. Enam kisah pribadi yang dibagikan oleh Majalah Umma menunjukkan tren ini. Keenam pria itu mengubah nama mereka agar sesuai dengan identitas baru mereka.

Perubahan nama ini memiliki beberapa prioritas — otoritas Soviet memaksa orang Korea untuk mengubah nama mereka menjadi nama Rusia setelah relokasi mereka ke Asia Tengah pada tahun 1937.

Yurii Muhammad Yusuf adalah yang pertama di antara mereka yang masuk Islam pada tahun 2004. Perubahannya tidak dapat dipercaya, bahkan untuk dirinya sendiri. “Jika seseorang mengatakan kepada saya di awal tahun 2000-an bahwa saya akan membaca Al-Quran dalam bahasa Arab, saya akan menjawab bahwa itu tidak mungkin dan fantasi,” katanya.



Motivasi mereka untuk bertobat berbeda. Abdulvahid, sebelumnya Vladimir, menjadi Muslim pada 2008 setelah teman dekatnya dari Rusia meninggal setelah masuk Islam.

Setelah temannya masuk Islam, dia adalah satu-satunya non-Muslim dalam kelompok pertemanan tiga pria mereka yang terdiri dari seorang Kyrgyz, Rusia, dan Korea.

Dia berbagi: “Saya menganggapnya [kematian teman] sebagai tanda. Allah mengatakan kepada saya untuk tidak terlambat [untuk masuk Islam].” Dia menambahkan, “Allah menyuruh saya untuk menjadi hamba-Nya, dan saya setuju.”

Empat dari mereka menemukan jawaban atas pertanyaan mereka tentang makna hidup dalam Islam. Muhammad Ali berbagi bahwa dia masuk Islam untuk menangani suara-suara di dalam kepalanya dengan lebih baik. Dia percaya dia kerasukan jin, roh jahat. Dalam setahun setelah masuk Islam, suara-suara itu menghilang, dan hidupnya kembali normal.

Mereka mengaku khawatir tentang reaksi teman dan keluarga mereka terhadap keputusan itu. Solih mengaku: “Saya cemas tentang apa yang orang lain katakan tentang perpindahan saya ke Islam.”

Dalam beberapa kasus, seperti halnya dengan Muhammad Ali dan Solih, anggota keluarga mereka mendukung dan juga pindah agama. Bagi Yurii Muhammad, itu berbeda, dan dia harus menyusun sistem pendukung baru. “Allah mengubah keluarga saya,” jelasnya, mencatat bahwa dia menikah lagi dan memulai sebuah keluarga baru.



Perpindahan agama mereka juga merupakan hasil dari re-Islamisasi Kyrgyzstan, yang dimulai pada tahun 1991 setelah Kyrgyzstan memperoleh kemerdekaan.

Proses ini menyebabkan ledakan jumlah masjid dan madrasah, dari 38 masjid dan nol madrasah pada tahun 1991 menjadi 2.699 masjid dan 125 madrasah pada tahun 2023. Hal ini menarik mualaf baru. Di antaranya adalah enam orang Korea ini dan lainnya yang transformasinya di Asia Tengah masih berlangsung.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)