RESMI: MotoGP Larang Penggunaan Winglet di Musim 2017

Minggu, 26 Juni 2016 - 07:00 WIB
RESMI: MotoGP Larang Penggunaan Winglet di Musim 2017
RESMI: MotoGP Larang Penggunaan Winglet di Musim 2017
A A A
ASSEN - Perdebatan mengenai penggunaan sayap tambahan atau Winglet di MotoGP akhirnya menemukan titik temu. Komisi Balapan secara resmi menelurkan keputusan jika teknologi tersebut akan resmi dilarang di musim 2017.

Pro dan kontra mewarnai penggunaan Winglet di MotoGP sejak awal musim. Beberapa tim punya pendapat berbeda untuk menentukan apakah sayap tambahan boleh terpasang di motor Valentino Rossi cs atau tidak.

Tujuan utama winglet sejatinya untuk menghasilkan downforce bagian depan motor saat akselerasi. Hal itu berguna untuk mengurangi jumlah wheelie (ban depan terangkat) tanpa perlu memotong output mesin.

Yamaha dan Honda sendiri sudah menjajal winglet. Yamaha menggunakannya di akhir 2015, sedangkan Honda mencobanya di tes pramusim 2016. Sementara tim lain seperti Aprilia dan Suzuki menerapkannya saat bersaing di Grand Prix Jerez, April lalu.

Beberapa pembalap memprotes dengan alasan keselamatan. Selain itu, biaya pengembangan teknologi yang semakin bengkak jika memasang Winglet juga jadi alasan beberapa pihak.

Argumen keselamatan dan biaya ditentang keras Ducati, yang memulai teknologi tersebut tahun lalu. Namun demikian, ada rumor jika sayap bisa dilarang, seperti yang terjadi di kelas Moto2 dan Moto3, andai produsen tidak setuju dengan alasan keselamatan.

Jika di Moto2 dan Moto3 keputusan bulat sudah diambil di mana Winglet bakal dilarang, tidak demikian di MotoGP. (Baca Juga: Moto3 Siap Copot Winglet, MotoGP Belum Jelas)

Komisi Grand Prix yang terdiri dari Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) akhirnya membahasnya di Sirkuit Assen jelang Grand Prix Belanda, Sabtu (25/5/2016). Dan seperti dikutip Crash, keputusan bulat diambil yakni melarang penggunaan winglet pada musim balap 2017.

Berikut Pernyataan Komisi Grand Prix

Setelah pertemuan Komisi Grand Prix yakni Dorna, FIM, IRTA, dan MSMA pada hari Sabtu di Assen, Belanda, keputusan berikut dikeluarkan:

Komisi sepakat dengan efek dari 2017, penggunaan sayap aerodinamis di kelas MotoGP akan dilarang. Regulasi ini meniru para pihak di kelas Moto3 dan Moto2 yang mana penggunaan sayap sudah dilarang.

Sayap yang sesuai dengan peraturan teknis saat ini mungkin bisa terus digunakan untuk sisa musim 2016.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)