Beda Harga, Ini 5 Perbedaan Coating dan Detailing Mobil Kesayangan

Selasa, 13 Juni 2023 - 22:50 WIB
loading...
Beda Harga, Ini 5 Perbedaan Coating dan Detailing Mobil Kesayangan
Coating dan detailing mobil kesayangan penting untuk diketahui bedanya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perbedaan coating dan detailing mobil penting untuk dipahami. Agar tidak salah melakukan perawatan mobil. Faktanya, perawatan mobil ada banyak jenisnya. Ada detailing dan juga coating. Beda pelayanan otomatis beda juga harganya. Yuk kenali perbedaannya!

Beda pelayanan otomatis beda juga harganya. Ambil contoh layanan coating yang jadi andalan Autoglaze. Harga layanan coating yang ditawarkan oleh Autoglaze bervariasi mulai dari Rp5 juta hingga Rp8 juta. Harganya tergantung dari ukuran mobil serta layanan coating yang diinginkan.

Untuk layanan detailing harganya justru beda lagi. Detailing justru jauh lebih terjangkau karena merupakan layanan perawatan mobil dengan cara merestorasi warna cat mobil.

Biaya detailing di Autoglaze dimulai dari Rp800.000 hingga Rp2,3 juta. Harga tersebut tergantung dari layanan detailing yang diinginkan dan ukuran mobil yang perlu menjalani detailing.

Biasanya layanan detailing akan dibedakan di tiga kategori yakni interior, eksterior, dan mesin. Namun jika ingin semua bagian mobil mendapatkan perawatan detailing maka harganya bervariasi dari Rp2,9 juta hingga Rp3,9 juta.

Lalu pertanyaannya adalah apa sih sebenarnya perbedaan antara detailing dan coating? Kok bisa sih harganya berbeda jauh.

Wajar jika ada yang masih belum paham perbedaannya. Beberapa dari mereka mengira bahwa coating dan detailing adalah dua hal yang sama. Padahal dalam prakteknya, keduanya memiliki beberapa aspek yang berbeda.

Nah, berikut ini cermati yuk perbedaan detailing dan coating:

1. Beda Proses Pengerjaan

Secara umum, perbedaan coating dan detailing mobil terletak pada titik-titik yang menjadi pusat pengerjaannya. Coating mobil adalah proses pengaplikasian atau pemasangan lapisan pelindung terhadap body mobil, seperti wax, sealant, atau ceramic coating. Sementara detailing mobil adalah proses perawatan mobil secara menyeluruh dan lebih rinci, seperti membersihkan, memperbaiki, dan mempercantik tampilan mobil.

2. Beda Fungsi

Proses coating mobil berfokus pada perlindungan bagian luar mobil untuk jangka waktu yang lama agar cat mobil tidak mudah pudar dan tahan dari segala macam goresan.

Sedangkan pada proses detailing mobil, pengerjaan berfokus pada hal-hal yang lebih menyeluruh, seperti perawatan interior dan eksterior mobil, perawatan mesin, dan perawatan komponen-komponen mobil lainnya.

3. Beda Teknik Pengerjaan

Adapun langkah-langkah pengerjaan coating mobil, yakni dimulai dari pembersihan mobil dari kotoran, kemudian menyiapkan permukaan mobil untuk dilapisi lapisan pelindung, hingga pengaplikasian coating pada body mobil. Setelah proses coating mobil selesai, selanjutnya akan dilakukan pengeringan dan pengerasan terlebih dahulu agar hasilnya optimal.

Itu berbeda dengan cara kerja detailing. Langkah-langkah detailing mobil di antaranya melakukan pembersihan eksterior, memoles body hingga mengkilap, melakukan pembersihan dan perlindungan interior, dan membersihkan serta memberikan perawatan terhadap mesin mobil.

4. Beda Kelebihan

Baik coating maupun detailing, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk perawatan mobil. Namun, perlu diingat bahwa perbedaan coating dan detailing mobil juga terletak pada kelebihannya masing-masing. Coating umumnya memberikan perlindungan ekstra terhadap cat mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)