Tinju Pantai Bisa Dongkrak Sektor Pariwisata di PALI

Rabu, 27 Juli 2016 - 16:59 WIB
Tinju Pantai Bisa Dongkrak Sektor Pariwisata di PALI
Tinju Pantai Bisa Dongkrak Sektor Pariwisata di PALI
A A A
JAKARTA - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Heri Amalindo bermaksud menjadikan kejuaraan tinju pantai (beach boxing) di daerahnya sebagai magnet pariwisata. Kejuaraan tinju itu digelar tak lazim karena menggunakan media pasir, juga tercatat sebagai yang pertama di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, promotor tinju Sutrija bermaksud menggelar tinju pantai pertama di Indonesia pada 24 September 2016 mendatang di Kabupaten PALI, Sumatera Selatan. Sebanyak 10 petinju asing dari total 80 peserta bakal meramaikan kejuaraan beach boxing tersebut. (Baca juga: Indonesia Siap Gelar Tinju Pantai Pertama di Dunia).

Heri, saat ditemui di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengatakan bahwa kesempatan menjadi tuan rumah tinju pantai pertama itu akan dimanfaatkan untuk membangkitkan gairah pariwisata di tempatnya. Caranya, Heri akan membuat pesta budaya dan pasar malam selama kejuaraan berlangsung.

"Kenapa kami bersedia menjadi tuan rumah kejuaraan tinju ini, karena ini momentum untuk menunjukkan budaya yang dimiliki oleh PALI dan Sumatera Selatan. Nanti akan ada pesta budaya dan pasar selama kejuaraan itu," kata Heri, Rabu (27/7/2016)

Kejuaraan tinju pasir pertama itu bakal digelar 24 September hingga 8 Oktober. Promotor tinju Sutrija menyebut akan membawa kejuaraan serupa naik ke tingkat Asean pasca-kejuaraan di PALI digelar. "Kami juga berencana membawa ke level dunia setelah ini," kata Sutrija.

Terkait dengan format kejuaraan, tinju pantai ini mempertandingkan 16 petinju di masing-masing kelas. Jumlah tersebut ditentukan karena mengusung format kompetisi knock-out atau sistem gugur.

Adapun kelas yang dipertandingkan berada di lima kategori; kelas terbang junior, kelas bantam junior, kelas bulu junior, kelas bulu, dan kelas ringan. Petinju di masing-masing kelas akan memperebutkan sabuk juara dan uang sebesar Rp150 juta.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3934 seconds (0.1#10.140)