Golkar Siap Bantu Pemerintah Wujudkan Surga Pajak

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 11:24 WIB
Golkar Siap Bantu Pemerintah Wujudkan Surga Pajak
Golkar Siap Bantu Pemerintah Wujudkan Surga Pajak
A A A
JAKARTA - Rencana Pemerintah membuat satu wilayah di Indonesia untuk surga pajak atau tax haven didukung Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun. Sebab, menurutnya, tax haven bisa mempercepat masuknya investasi, khususnya investasi asing.

"Ini ide positif untuk Indonesia. DPR khususnya Fraksi Golkar siap membantu mewujudkan gagasan tersebut," ujar Misbakhun di Kompleks Parlemen Senayan, Sabtu (13/08/2016). Dia berpendapat, ide‎ membuat pulau tax haven itu sebenarnya sudah disuarakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat masih menjabat sebagai menteri keuangan.

Kala itu, Bambang ingin membentuk offshore financial center (OFC). Dengan adanya OFC tersebut, para investor asing bisa membuka perusahaan cangkang di pulau tax haven.

"Sehingga, tidak perlu membuka di negara-negara lain," ujar politikus Partai Golkar ini. Rencana pembentukan pulau suaka pajak dianggapnya merupakan sesuatu yang lumrah.

Dirinya mencontohkan negara tetangga, seperti Malaysia, bahkan sudah lebih dahulu memiliki pulau tax haven di Labuan. "Kalau Singapura malahan negaranya yang jadi tax haven, bukan cuma satu pulau," ucapnya.

Dia menambahkan, pemerintah harus benar-benar memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai pulau tax haven. Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Salah satunya adalah pulau tersebut harus benar-benar bisa menjadi tempat investasi yang menarik. "Infrastrukturnya harus siap dan harus modern," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4018 seconds (0.1#10.140)