Soal Chassis, Lorenzo dan Rossi Beda Selera

Rabu, 24 Agustus 2016 - 00:54 WIB
Soal Chassis, Lorenzo dan Rossi Beda Selera
Soal Chassis, Lorenzo dan Rossi Beda Selera
A A A
BRNO - Jorge Lorenzo memberikan alasannya tidak mencoba chassis baru Yamaha selama pengujian di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Senin (22/8) kemarin. Menurutnya, tidak ada pemaksaan dari tim Pabrikan asal Jepang untuk menjajal beberapa bagian baru pada motor M1 seperti swing-arm, sehingga dirinya lebih memilih untuk tidak mencobanya.

Tapi penolakan tersebut justru menimbulkan spekulasi apakah Yamaha masih menganaktirikan Lorenzo, mengingat ia sudah resmi bergabung dengan tim Ducati pada musim depan? Namun dia dengan cepat menghentikan rumor tersebut. "Tidak, saya tidak berpikir itu maksudnya," singkat Lorenzo seperti dikutip Crash, Rabu (24/8/2016).

Lorenzo mengungkapkan jika dirinya dan Valentino Rossi telah menggunakan berbagai jenis desain chassis. Namun persoalannya adalah X-Fuera tidak menyukai penambahan pada bagian kuda besi M1 Yamaha. Ditambahkan, ini hanya masalah selera dan kemungkinan hal ini juga berlaku pada dua pembalap dari tim Repsol Honda, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

"Secara teoritis, Rossi lebih suka dengan chassis baru, jadi kami memiliki selera yang berbeda ketika ditanya mengenai hal itu. Saya mengerti bahwa dia mencoba beberapa penambahan baru pada motornya. Tapi di sisi lain, Yamaha seperti membiarkan saya untuk memutuskan apakah akan menjajal chassis baru apa tidak. Itu sebabnya saya tidak mencobanya."

Lebih jauh Lorenzo membeberkan alasannya, yakni ia tidak suka dengan chassis baru yang dilakukan tim Yamaha pada pengujian di Brno. Menurutnya, inovasi yang dilakukan tim justru membuat dirinya semakin tampil buruk di arena balap kuda besi MotoGP.

"Perubahan sebelumnya membuat saya tidak sreg, apalagi harus mencoba chassis baru maka ini akan membuat saya semakin buruk. Intinya, Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi karena Anda tidak pernah mencobanya. Ditambah Yamaha begitu tertarik untuk melihat saya menjajal chassis baru. Jadi saya tidak peduli apa yang telah dilakukan Rossi," ungkap Lorenzo.

Penjelasan juara dunia MotoGP musim lalu cukup masuk akal, dan ini semakin membuktikan bahwa Yamaha sudah tidak tertarik lagi untuk membuat perubahan pada bagian motor M1. Mengingat Lorenzo sudah resmi bergabung dengan Ducati pada musim depan.

Disinggung mengenai hal itu, Lorenzo tampak masih malu-malu mengungkapkan keretakan yang terjadi dengan tim. Namun demikian, ia tetap memberikan kontribusi yang baik dengan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 55.394 detik atau unggul 0.371 detik dari rekan setimnya Rossi selama pengujian di Brno.

"Program saya adalah untuk mencoba banyak hal dan melihat apakah itu memberi kita keuntungan. Meskipun ada beberapa hal positif dan negatif selama pengujian di Brno, tapi saya merasa positif karena saya dapat menemukan sesuatu yang memberi kita lebih banyak kecepatan dan kita bisa lebih kompetitif di balapan berikutnya," tutup Lorenzo.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4474 seconds (0.1#10.140)