7 Fakta Menarik dari Ganjar Pranowo yang Jarang Diketahui Publik

Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:19 WIB
loading...
7 Fakta Menarik dari Ganjar Pranowo yang Jarang Diketahui Publik
Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok pemimpin sederhana, humoris, dan terbuka kepada masyarakatnya.

Hal itulah yang menjadikan sebagian masyarakat Indonesia mengeluh-eluhkan jika Ganjar bakal menjadi penerus Presiden Joko Widodo. Terbukti, kini sosok Ganjar Pranowo pun masuk dalam kandidat Calon Presiden usai diusung PDI Perjuangan.


Fakta Menarik dari Ganjar Pranowo

Berikut tujuh fakta menarik dari Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang bakal menjadi calon presiden 2024.

1. Pernah Berganti Nama

Sebelum dikenal masyarakat Indonesia dengan nama Ganjar Pranowo, ia lebih dulu memiliki nama Ganjar Sungkowo. Nama tersebut memiliki makna Ganjaran dari kesusahan.

Nama tersebut berubah ketika Ganjar memasuki masa sekolah. Orang tuanya merubah namanya karena khawatir jika Ganjar akan selalu dekat dengan kesedihan lantaran memakai nama Sungkowo.

2. Pernah Berjualan Bensin Pinggir Jalan

Menjelang kelulusan pendidikan SMA pada tahun 1980, Ganjar ternyata pernah berjualan bensin di pinggir jalan. Hal itu dilakukannya lantaran membantu perekonomian keluarganya mengingat sang ayah sudah pensiun dari pekerjaannya. Ibunya membuka warung kelontong dan Ganjar membantu berjualan dipinggir jalan.

3. Cuti Kuliah 2 Semester

Ganjar merupakan alumni dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Rupanya, perjalanan kuliah Ganjar di UGM tidaklah mudah seperti mahasiswa pada umumnya. Ganjar Pranowo pernah cuti selama dua semester akibat dirinya tidak memiliki biaya.

4. Hobi Demo

Berangkat dari golongan masyarakat kecil, Ganjar tergolong mahasiswa yang aktif menyuarakan pendapat melalui aksi demo. Bahkan dirinya tak segan ikut berdemo rektor UGM, bapak Hardjasoemtari ketika kebijakannya merugikan mahasiswa.


5. Pemilik Hobi Gowes Sepeda

Pria berusia 54 tahun ini rupanya sangat hobi menggowes sepeda. Setiap hari Jumát, Sabtu dan Minggu Ganjar selalu berkeliling Kota Semarang sambil sidak ke berbagai tempat layanan publik menggunakan sepeda.

Selain sebagai hobi, Ganjar juga beberapa kali mengikuti balap sepeda internasional, seperti Gran Fondo New York Indonesia yang digelar di Lombok. Diketahui Ganjar juga sampai mengoleksi delapan sepeda.

6. Menyukai Musik Rock

Memasuki masa-masa SMA, Ganjar sudah menyukai musik rock. Dalam keterangannya, ia pernah beberapa kali menyaksikan konser band rock dunia, seperti Dream Theatre: Europe serta band rock lainnya.

7. Pandai Memasak

Sebagai anak perantau sejak SMA, Ganjar diharuskan melakukan sesuai dengan sendirinya. Salah satu hal kerap dilakukan Ganjar adalah memasak sendiri. Menu yang sering dia masak adalah oseng-oseng kacang, sayur bayam dan terong penyet andalannya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)