Ini 6 Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan Migas

Minggu, 25 Juni 2023 - 10:13 WIB
loading...
Ini 6 Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan Migas
calon mahasiswa, ini 6 jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan perusahaan minyak dan gas (migas). Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Memilih jurusan kuliah yang tepat bisa membuka peluang kerja lebih besar bagi lulusan perguruan tinggi diterima di perusahaan. Bagi kalian yang ingin bekerja di perusahaan minyak dan gas ( migas ), berikut rekomendasi 6 jurusan kuliahnya.

Pertambangan dan perminyakan adalah dua industri dengan profit yang cukup besar di Indonesia. Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah pun menarik banyak perusahaan migas untuk beroperasi di Indonesia.

Tidak hanya perusahaan negara seperti PT Pertamina, namun banyak perusahaan migas asing yang mengelola bisnis migas di Tanah Air. Mereka pun membutuhkan banyak tenaga terampil untuk bekerja bersama serta pastinya membuka rekrutmen rutin untuk sejumlah jurusan.

Bagi kalian yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan migas, berikut rekomendasi 6 jurusan pertambangan dan perminyakan yang wajib kalian ketahui yang dikutip dari laman resmi Akupintar.

1. Teknik Pertambangan


Jurusan Teknik Pertambangan sudah banyak dibuka di sejumlah perguruan tinggi. Untuk kampus negeri ada beberapa universitas yang bisa dipilih seperti Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, ataupun Universitas Hasanuddin.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat Jurusan D4 Manajemen Industri IPB dan Prospek Kariernya

Menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan akan memberi kalian kesempatan belajar tentang proses pengambilan sumber daya mineral dari bumi dan pemanfaatannya secara efisien dan aman.
Setelah lulus kuliah, kamu bakal punya bekal pengetahuan tentang eksplorasi, perencanaan tambang, pengelolaan tambang, pengolahan mineral, reklamasi lahan, manajemen lingkungan, prinsip-prinsip keuangan, maupun manajemen.

2. Rekayasa Minyak dan Gas


Masih di bidang ilmu teknik, rekomendasi jurusan pertambangan dan perminyakan berikutnya adalah Rekayasa Minyak dan Gas (Oil and Gas Engineering). Apa itu Jurusan Rekayasa Minyak dan Gas?

Oil and Gas Engineering adalah bidang ilmu teknik yang menangani perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan sistem yang terlibat dalam produksi, pengolahan, transportasi, dan penyimpanan minyak dan gas bumi.

Kuliah perminyakan di jurusan ini membuatmu belajar tentang pengeboran sumur, instalasi pipa, pengolahan minyak dan gas di pabrik, penyimpanan sementara di tangki-tangki sebelum dikirim ke pembeli, pemeliharaan dan perbaikan sistem, hingga pengelolaan aspek-aspek ekonomi dan lingkungan yang terkait dengan produksi minyak dan gas. Jurusan ini ada di Institut Teknologi Sumatera.

3. Teknik Geofisika


Teknik geofisika sendiri merupakan sebuah metode dalam pengukuran dan analisis sifat-sifat fisik bumi, seperti kepadatan ataupun magnetisasi, dan sifat elektrik bumi. Metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi sumber daya alam, seperti mineral, batu bara, dan gas alam.

Baca juga: Medina Warda, Mahasiswa UI Juara Kompetisi Catur Internasional 2023 di Singapura

Sama seperti alumni Teknik Perminyakan, alumni Teknik Geofisika memang punya peluang kerja yang bagus di industri pertambangan dan perminyakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)