Fakta Mobil Bloodhound Bermesin Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon

Minggu, 25 Juni 2023 - 22:40 WIB
loading...
Fakta Mobil Bloodhound Bermesin Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon
Fakta Mobil Bloodhound . FOTO/ CC
A A A
JAKARTA - Di dunia ini cukup banyak mobil yang bisa menembus kecepatan tinggi, seperti mobil Formula 1 , Supercar hingga Hypercar.



Namun, tahukah kamu bahwa mobil tercepat di dunia bukan dimiliki oleh sejumlah mobil yang dikenal sangat cepat tersebut.

Karena, ada sebuah mobil yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi, hingga jauh diluar jangkauan mobil-mobil kencang lainnya, yakni bisa menembus lebih dari 1.000 kilometer per jam.

Mobil tersebut ialah Bloodhound, sebuah mobil jet-roket asal Inggris. Melihat kecepatannya yang sangat luar biasa, tentunya banyak orang yang penasaran tentang beberapa detail tentang mobil yang memiliki 'tenaga super' tersebut.

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah fakta-fakta tentang Mobil BloodHound.

1. Bisa Menembus Kecepatan 1.010 Kilometer per jam


Dengan bahan bakar jet konvensional, pada tahun 2019 lalu mobil Bloodhound sukses menembus kecepatan hingga 628 mil per jam atau sekitar 1.010 kilometer per jam pada lintasan di Hakskeen Pan di Utara Afrika Selatan.

2. Dikembangkan selama 8 Tahun


Mobil satu ini memakan waktu pengembangan yang cukup lama yakni selama delapan tahun. Pengembangan mobil super kencang itu sendiri melibatkan lebih dari 350 perusahaan serta Universitas dari seluruh dunia.

3. Menggunakan Mesin Pesawat Tempur


Bloodhound menggunakan mesin pesawat tempur yakni Rolls-Royce EJ200 jet engine yang digunakan pada Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon. Selain itu, mesin tersebut juga banyak digunakan oleh sejumlah pesawat tempur di dunia.

4. Dikembangkan untuk Pecahkan Rekor Dunia

Kabarnya mobil tersebut akan dikembangkan dan akan dipasang roket monopropelan Nammo. Dengan tenaga baru tersebut, digadang-gadang mobil bermesin jet tempur itu bisa menembus kecepatan 800 mil per jam atau sekitar 1.287 kilometer per jam.

Proyek tersebut bertujuan untuk mengalahkan rekor dunia kecepatan mobil saat ini yaitu 763 mph atau 1.228 kilometer per jam, yang dipegang oleh Thrust SCC pada tahun 1997.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)