Tim Yongmoodo Putri DIY Ditargetkan Medali Emas di Ekshibisi PON

Jum'at, 09 September 2016 - 16:08 WIB
Tim Yongmoodo Putri DIY Ditargetkan Medali Emas di Ekshibisi PON
Tim Yongmoodo Putri DIY Ditargetkan Medali Emas di Ekshibisi PON
A A A
SLEMAN - Ketua Majelis Sabuk Hitam Federasi Yongmoodo Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (FYI DIY) Abdul Khayi menyampaikan, dalam pertandingan ekshibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 nomor putri dinilai paling berpeluang untuk mendapatkan medali emas.

Hal itu tak lepas dari tingkat persaingan yang tidak begitu ketat di nomor putri. Terutama nomor minus 55 kilogram (kg) dan minus 60 kg. Di sisi lain, atlet DIY yang diperkuat oleh Diana Novianti, Erna Pilaeli, Fransiska Harti Handayani, dan Mega Putri Yunita dinilai memiliki dasar olahraga bela diri yang lebih kuat dibandingkan lawan-lawannya dan diyakini bisa memperoleh minimal tiga medali emas.

"Mereka punya dasar ilmu bela diri yang kuat, yang bisa jadi bekal mengalahkan lawan-lawannya yang tidak punya dasar itu. Apalagi atlet-atlet dari Kowad (Korps Wanita AD) kebanyakan tidak punya itu. Nomor putri diharapkan bisa peroleh tiga emas," ujar Abdul kemarin.

Di samping nomor putri, nomor putra juga diharapkan bisa mendulang dua emas terutama di nomor minus 65 kg sampai dengan minus 90 kg. Meski mengirimkan delapan atlet, pihaknya tidak menargetkan banyak medali di nomor putra. Mengingat tingkat persaingan yang lebih ketat dibandingkan nomor putri.

"Untuk putra setidaknya targetkan dua emas, karena sulit persaingannya dan kami nggak berani target tinggi. Nomor ini peserta dari 34 provinsi, dan daerah lain banyak atlet dari Kostrad dan Kopassus," jelasnya.

Perihal persiapan terakhir jelang pertandingan di GOR Disjasad Angkatan Darat Cimahi pada 21-25 September 2016 mendatang, tim pelatih yang terdiri dari dirinya, Sabeum Nim Tarno, Sabeum Suyoto dan Sabeum Rofik Widayat mengemukakan telah memberikan materi, teknik-teknik dasar dan cara untuk mendapatkan poin maksimal dalam training camp (TC) yang digelar sejak 5 September 2016, meski dengan waktu yang mepet dan terbatas.

Di sisi lain, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (Kabid Binpres KONI) DIY, Agung Nugroho menambahkan, dari 12 cabor eksibisi yang dipertandingkan, kontingen DIY yang secara organisasi sudah terdaftar di KONI DIY baru mengikuti lima cabor. Yakni gateball, 3X3 basketball, woodball, korfball, dan arung jeram. Sementara cabor lainnya seperti yongmoodo ikut serta dalam eksibisi PON secara mandiri. Dan cabor lain seperti barongsai, muaythai, rugby, bola tangan, pentaque, dan soft tennis, DIY belum ikut serta mengingat secara organisasi belum berdiri di DIY.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4201 seconds (0.1#10.140)