Bacaan Niat Kurban untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Senin, 26 Juni 2023 - 20:06 WIB
loading...
Bacaan Niat Kurban untuk Diri Sendiri dan Keluarga
Bacaan niat berkurban untuk diri sendiri dan keluarga penting diketahui, agar ibadah yang kita lakukan benar-benar sesuai syariat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan niat kurban untuk diri sendiri dan keluarga menjadi informasi penting yang perlu diketahui. Khususnya, apabila Anda akan melangsungkan ibadah kurban pada Iduladha 2023 mendatang.

Tak lama lagi, momen Iduladha 2023 akan segera tiba. Dalam hal ini, umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban .

Dalam Al Qur'an, telah disebutkan bahwa berkurban adalah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah setelah perintah untuk mendirikan sholat. Hal ini terdapat dalam Surat Al Kautsar ayat 2.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ


“Fa salli lirabbika wanhar”

Artinya: ”Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Sebelum proses penyembelihan hewan kurban, seorang yang bersangkutan dianjurkan untuk membaca niat kurban. Dalam buku "Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syaafi'i", Ustadz Muhammad Ajib menjelaskan terkait bacaan niat kurban.

Niat kurban bisa dibacakan sebelum proses penyembelihan hewan kurban. Adapun bacaan niatnya dapat dilakukan dalam hati mulai tanggal 1 Dzulhijjah. Ucapan niat berkurban juga bisa dalam bahasa Indonesia dan diucapkan dalam hati.

Jadi, ketika Anda sudah memiliki hewan kurban yang akan disembelih, saat itu juga dapat langsung berniat untuk berkurban dalam hati. Sehingga nantinya ketika sedang memasuki proses menyembelih hewan kurban, kita tidak perlu berniat lagi.

Bacaan Niat Kurban untuk Diri Sendiri dan Keluarga

1. Bacaan Niat Kurban untuk Sendiri

نويت أن أاضحي عَنْ نَفْسِي سُنَّةً للهِ تَعَالى


“Nawaitu An Udhahhi An-Nafsii Sunnatan Lillaahi Ta'ala.”

Artinya: "Aku Niat berkurban untuk diri sendiri sunnah karena Allah Ta'ala."

2. Bacaan Niat Kurban untuk Keluarga

Ibadah kurban biasanya juga diniatkan untuk orang banyak, termasuk keluarga. Apabila kurban sapi misalnya (tujuh orang), maka bisa melafadzkan niat dengan disesuaikan nama orang-orang yang berqurban. Berikut ini contoh niatnya:

نَوَيْتُ أَنْ أُضَحِّيَ عَنْ أَحْمَدَ و ...، و...، و... سُنَّةً لله تَعَالَى


"Aku niat berkurban untuk ahmad, … dan… (disebutkan 7 orang) berupa kurban sunnah karena Allah ta’ala."



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)