Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel yang Terobos Wilayah Udara Lebanon

Selasa, 27 Juni 2023 - 05:30 WIB
loading...
Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel yang Terobos Wilayah Udara Lebanon
Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel yang Terobos Wilayah Udara Lebanon. FOTO/Reuters
A A A
BEIRUT - Kelompok militan Hizbullah Lebanon mengaku, para pejuangnya berhasil menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Israel , Senin (26/6/2023). Drone tersebut dilaporkan terbang di dekat perbatasan dan di atas langit Lebanon selatan.

Seperti dilaporkan AP, kelompok tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang jenis drone yang diklaim jatuh di dekat desa Zibqine di utara perbatasan dengan Israel. Tidak ada komentar segera dari Israel.



Insiden itu terjadi setelah berminggu-minggu ketegangan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel, terutama di daerah yang disengketakan yang dikenal sebagai Peternakan Chebaa.

Awal bulan ini, tentara Israel menembakkan gas air mata untuk membubarkan sejumlah pengunjuk rasa Lebanon yang melempari tentara dengan batu di sepanjang perbatasan. Beberapa pengunjuk rasa dan pasukan Lebanon mengalami masalah pernapasan.

Protes terjadi di tepi perbukitan Kfar Chouba, yang menurut Beirut adalah tanah Lebanon yang diduduki Israel. Perbukitan dan Peternakan Chebaa di dekatnya, adalah area yang direbut Israel selama Perang Timur Tengah 1967 dan diklaim oleh Lebanon.



Media Israel melaporkan awal bulan ini bahwa Hizbullah telah mendirikan dua tenda di sana, “di wilayah Israel.” Tidak ada komentar dari Hizbullah.

Israel dan Hizbullah bertempur imbang dalam perang selama sebulan di Lebanon pada tahun 2006. Hizbullah di masa lalu mengklaim telah menjatuhkan pesawat tak berawak Israel dan militer Israel juga telah mengatakan di masa lalu bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat tak berawak Hizbullah.

Israel menganggap Hizbullah sebagai ancaman langsung paling serius. Militer Israel memperkirakan mereka memiliki sekitar 150.000 roket dan rudal yang ditujukan ke Israel.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)