NOC Indonesia Beri Penghargaan untuk Cabor Berprestasi di SEA Games 2023

Jum'at, 30 Juni 2023 - 15:18 WIB
loading...
NOC Indonesia Beri Penghargaan untuk Cabor Berprestasi di SEA Games 2023
Pada pembukaan Kongres Komite Olimpiade Indonesia (KOI) alias NOC Indonesia 2023, Jumat (30/6/2023), KOI turut memberikan penghargaan kepada federasi cabang-cabang olahraga (cabor) berprestasi di SEA Games 2023 / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Kongres Komite Olimpiade Indonesia (KOI) alias NOC Indonesia 2023 resmi dibuka, Jumat (30/6/2023) di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Dalam acara tersebut, KOI turut memberikan penghargaan kepada federasi cabang-cabang olahraga (cabor) berprestasi di SEA Games 2023.

Kongres KOI 2023 ini dihadiri perwakilan dari 66 federasi cabor yang terdaftar dalam anggota KOI. Turut hadir untuk memberikan penghargaan tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

"Hari ini kami telah mewakili Presiden Jokowi untuk membuka dan meresmikan Kongres KOI 2023 dimana presiden mengharapkan KOI bisa membawa prestasi olahraga Indonesia ke mata dunia," kata Dito dalam konferensi pers pasca pembukaan Kongres KOI 2023.

"Dan ucapan terima kasih untuk periode 2019-2023 atas dedikasinya, sinergi dan kolaborasi antara Kemenpora, KOI, KONI, bisa bersatu untuk menghadapi event-event ke depannya. Ini termasuk dalam rangka semangat membuka pintu Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai cabor," tambahnya.



Adapun penghargaan tersebut dibagi menjadi tiga kategori. Ketiga kategori tersebut adalah Juara Umum, Pencetak Sejarah dan Pencatat Rekor Baru di SEA Games 2023.

Untuk kategori juara umum pemenangnya terdiri dari tujuh federasi cabor yakni Bulutangkis (PBSI), Angkat Besi (PABSI), Balap Sepeda (ISSI), Tenis (Pelti), ESPORT (PB ESI), VOLI (PBVSI), Pencak Silat (PB IPSI), Wushu (PB WI).

Lalu, untuk kategori pencetak sejarah ada lima penerima, termasuk PSSI yang membantu cabor sepak bola putra yang meraih medali emas SEA Games pertama dalam 32 tahun terakhir. Sedangkan empat lainnya adalah Tim Indonesia Estafet Putra 4x100 (PB PASI), Tim Indonesia Basket Putri (PERBASI), Tim Indonesia Hoki Indoor Putra (FHI) dan Tim Indonesia Kriket Putri 6s (PCI).

Sementara kategori pencetak rekor baru diberikan kepada Angkat Besi (PABSI), Finswimming (POSSI) dan renang (PRSI). Ketiga federasi tersebut membantu beberapa atlet mereka memecahkan rekor di SEA Games 2023.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)