PON XIX Jawa Barat

PB PON XIX Ralat Berita Pencopotan Maria Selena sebagai Jubir

PB PON XIX Ralat Berita Pencopotan Maria Selena sebagai Jubir
Maria Selena (dua dari kiri) saat didapuk sebagai juru bicara PON XIX/2016 oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, (29/8). | Jabarprov.go.id
A+ A-
BANDUNG - Kabar pencopotan Maria Selena sebagai juru bicara Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dibantah Pengurus Besar (PB) PON XIX. Ketua Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) PB PON XIX 2016 Jawa Barat Dadang Suharto mengklarifikasi perihal simpang siurnya jabatan atlet basket yang juga mantan putri Indonesia tersebut.

Dikutip dari situs resmi PON, Kamis (22/89/2016), Dadang mengatakan Maria tidak dicopot sebagai juru bicara. Pasalnya, wanita berusia 26 tahun itu sejak awal didapuk sebagai brand ambassador, bukan sebagai spoke person. "Jadi berita tersebut tidak benar," Dadang mengklarifikasi di Media Center Utama PON XIX Jawa Barat, Trans Luxury Hotel, Jl Gatot Subroto, Kota Bandung.

"Dalam dokumen kontrak di Bidang PPM PB PON, Maria Selena adalah duta PON XIX 2016. Tugas utamanya adalah mengampanyekan PON agar banyak audiens tertarik berpartisipasi. Kami tetap akan hadirkan Maria sebagai Duta PON dalam kegiatan mulai 25 September ke depan hingga rampung," tambahnya.

Sebelumnya ramai diberitakan Maria Selena dicopot sebagai juru bicara PON XIX. Ketua Harian PB PON Iwa Karniwa mengatakan kinerja Maria dianggap tidak maksimal, yang juga dikeluhkan beberapa wartawan peliput PON. (Baca Juga: Dinilai Tidak Maksimal, Putri Indonesia 2011 Tak Lagi Jadi Jubir PON XIX)

Namun Dadang menegaskan, posisi juru bicara PON XIX harusnya orang organik alias PNS Pemprov Jawa Barat. Posisi tersebut kini ditempati Perry Soeparman yang merupakan Inspektur di Pemprov Jabar sekaligus Ketua IV PB PON.

Juru bicara juga harus terlibat sejak awal persiapan sampai pelaksanaan. Sehingga, jabatan tersebut harus diemban yang faham teknis secara detil dan utuh dan Perry dianggap orang yang tepat.

Kembali ke Maria, Dadang juga sudah menyiapkan serangkaian agenda. Salah satunya adalah meminta sang duta mengunjungi venue beberapa pertandingan.

Selain itu, Maria juga diminta mengajak selebritis lainnya seperti Udjo, Mario Lawalata, dan Augie Fantinus untuk menyaksikan final basket di Citra Arena pada 28 September mendatang. Semua artis yang dibawa memang gemar basket sehingga dinilai akan menyemarakkan pertandingan.

"Kehadiran duta dalam even olahraga adalah hal lumrah. Di Olimpiade Rio 2016, artis India yang juga penggemar olahraga, Salman Khan, jadi duta kontingen India dengan tugas meningkatkan atensi dan dukungan warga India pada kontingen," jelasnya.


(bep)
dibaca 5.113x
Top