PON XIX Jawa Barat

Jawa Barat Rebut Emas Bulu Tangkis Beregu Putra

Jawa Barat Rebut Emas Bulu Tangkis Beregu Putra
Jawa Barat menangkan perebutan medali emas cabang bulu tangkis beregu putra PON XIX/2016 setelah mengalahkan Jawa Tengah di final, Jumat (23/9/2016). | pon-peparnas2016jabar
A+ A-
CIREBON - Jawa Barat kembali menunjukkan dominasinya di cabang bulu tangkis beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Menghadapi Jawa Tengah di laga puncak, tuan rumah menang 3-2 dan berhak menggondol emas.

Dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Bima, Cirebon, Jumat (23/9/2016), Jawa Barat yang lolos setelah mengalahkan menyingkirkan Jawa Timur dengan skor 3-1, sempat dibuat tertinggal di pertandingan pertama. Ihsan Maulana Mustofa membawa Jawa Tengah memimpin 1-0 setelah ia mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting 21-16, 21-13.

Di laga kedua, Jawa Barat menyamakan kedudukan. Pasangan Fajar Alfian/Ricky Karanda Suwardi menundukkan due Kenas Adi Haryanto/Praveen Jordan dalam permainan tiga game 10-21, 21-13 dan 24-22.

Kunggulan Jawa Barat tak berlangsung lama. Di pertandingan ketiga, Shesar Hiren Rhustavito yang tampil di nomor tunggal bisa menang atas Firman Abdul Kholik 23-21 dan 21-7. Jawa Tengah kembali memimpin 2-1.

Namun tuan rumah memaksa perebutan medali mesti dituntaskan hingga pertandingan terakhir. Hal tersebut terjadi lantaran di laga keempat, ganda kedua Jawa Barat Berry Angriawan/Hardianto bisa menang 21-19, 21-14 atas Lukhi Apri Nugroho/Tedi Supriadi. Skor jadi 2-2.

Di game penentuan, Jawa Barat akhirnya menang setelah Setyaldi Putra Wibowo bisa menang atas Reksy Aureza Megananda. Skor akhir berbalik jadi 3-2 untuk keunggulan Jawa Barat dan tuan rumah pun berhak membawa pulang medali emas.

"Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini merupakan kerja sama tim, perjuangan bersama sejak tim ini dibentuk hampir setahun lalu. Kami bangun persahabatan, latihan, ini merupakan sebuah proses, bukan suatu hal yang instan," ucap syukur manajer tim Jawa Barat Yudi Diharja seperti dilansir dari situs badmintonindonesia.org.

Hasil ini juga jadi balas dendam yang sempurna untuk Jawa Barat. Di gelaran PON XVIII/2012 Riau, mereka cuma membawa pulang medali perak lantaran dikalahkan Jawa Tengah yang ketika itu jadi juara.
Jawa Barat Rebut Emas Bulu Tangkis Beregu Putra


(mir)
dibaca 4.550x
Top