Tyson Fury Dituduh Mangkir dari Tes Doping

Minggu, 25 September 2016 - 15:15 WIB
Tyson Fury Dituduh Mangkir dari Tes Doping
Tyson Fury Dituduh Mangkir dari Tes Doping
A A A
MANCHESTER - Kabar tak sedap muncul sebagai kelanjutan batalnya rematch mega-duel tinju kelas berat antara Tyson Fury vs Wladimir Klitschko, 29 Oktober mendatang. Tyson yang disebut tidak dalam kondisi fit, juga dituduh mangkir dari tes doping yang diminta Badan Anti-Doping Britania Raya (UKAD).

Seperti diberitakan Boxing Scene berdasarkan laporan Mirror, Minggu (25/9/2016), Tyson disebut mangkir dari kewajibannya menjalani tes doping. Petinju yang kini menyandang juara kelas berat WBA/IBO/IBF, menolak menyerahkan hasil tes dopingnya ketika didatangi Inspektur UKAD.

Seorang sumber yang enggan disebut namanya mengungkap, Tyson sudah didatangi penguji dlam beberapa pekan terakhir namun selalu menolak melakukannya. "Dia mengatakan 'persetan dengan hal tersebut' dan tidak akan melakukannya. Tempat latihannya sudah mengontak UKAD agar dia diuji tapi hingga saat ini tidak terjadi," klaimnya.

Mirror sempat meminta penjelasan dari kubu Fury. Paman sekaligus pelatihnya, Peter, mengatakan belum bisa memberi jawaban atas masalah ini.

"Ini semua informasi rahasia, jadi saya tidak bisa membahas sesuatu yang berkaitan dengan tuduhan UKAD. Ini informasi pribadi dan saya tidak diizinkan mengatakan sesuatu soal tuduhan doping," ucap Peter.

Sementara UKAD juga belum bisa membenarkan kabar tersebut. "Anti Doping Britania Raya belum bisa mengomentari kasus ini sampai proses pengusutan selesai dilakukan," jelas perwakilannya yang bernama Sophie Ashcroft.

Kontroversi Tyson dengan UKAD sejatinya sudah terjadi sejak awal tahun. Ketika itu terungkap, hasil tes doping Tyson punya kandungan nandrolone yang tinggi beberapa bulan sebelum petinju berusia 28 tahun bisa menang angka atas Klitschko di Jerman, November 2015 lalu. Dalam laporannya, tes diduga berlangsung antara Februari dan Maret 2015.

Tyson sendiri sudah resmi membatalkan agenda rematch melawan Klitschko untuk kedua kalinya tahun ini. Sebelumnya ia membatalkan jadwal pertama yang seharusnya digelar 9 Juli, namun tanggal 29 Oktober yang kemudian ditetapkan juga pada akhirnya batal. Promotor mengatakan, Tyson masih dalam kondisi tidak fit akibat cedera pergelangan kaki. (Baca Juga: Pelatih Klitschko Jengkel Pertarungan Ulang Lawan Tyson Batal)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5359 seconds (0.1#10.140)