Honda Habiskan Jatah Tes 2016, Yamaha Buka Kekuatan YZR-M1 2017

Jum'at, 30 September 2016 - 07:15 WIB
Honda Habiskan Jatah Tes 2016, Yamaha Buka Kekuatan YZR-M1 2017
Honda Habiskan Jatah Tes 2016, Yamaha Buka Kekuatan YZR-M1 2017
A A A
ARAGON - Saat balapan 2016 telah menyelesaikan seri ke-14 di GP Aragon akhir pekan lalu. Yamaha sudah tidak pernah memenangkan lomba lagi sejak GP Catalunya (seri 7). Rider tim Yamaha Factory, Valentino Rossi, sudah mengemukakan kekhawatirannya atas fenomena ini.

Nah di saat tim garpu tala sedang gundah, rival bebuyutan mereka, Honda malah telah menghabiskan jatah maksimal tes 2016. Seperti dilaporkan GPOne pada Kamis (29/9), Honda ternyata baru saja menyelesaikan uji coba terakhir mereka musim ini di Sirkuit Aragon.

Tes yang berlangsung selama hari Rabu (28/9) itu merupakan hari kelima dari total kuota lima hari diperbolehkannya Honda (dan setiap tim MotoGP) untuk melakoni pengujian pada musim 2016.

Dua pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez serta Dani Pedrosa kembali turun ke lintasan untuk mengembangkan mesin baru motor mereka yang bakal dipakai pada musim depan (2017). Sebelumnya, mereka sudah menjajal mesin baru Honda di sesi uji coba pasca GP San Marino.

Cuaca di Sirkuit Aragon kali ini benar-benar dalam kondisi sempurna buat tes mesin baru Honda. Karena temperatur udaranya pada angka 24 derajat celcius dan terperatur aspalnya 35 derajat celcius.

Marc serta Dani melakukan banyak putaran dengan motor dan mesin baru Honda 2017. “Saya senang dengan mesin baru kami. Kemampuannya sudah berada di level yang bagus dan karakteristiknya agak sedikit berbeda dengan mesin saat ini,” tutur Marquez pasca tes Aragon.

Sementara itu, direktur tim Yamaha Movistar, Massimo Meregalli berbicara penyebab kegagalan mereka untuk melakoni tes bareng Honda di Aragon.

“Kami memutuskan untuk mencoba motor baru kami hanya pada akhir musim ini. Dan usai tes di Valencia (pertengahan November), kami akan melanjutkan pengujian motor baru ke Sirkuit Sepang, Malaysia pada 23-24 November,” sembur Meregalli seperti dilaporkan La Gazzetta dello Sport.

Meregalli juga mengindikasikan motor YZR-M1 baru mereka yang akan digunakan Rossi dan Maverick Vinales pada 2017. Sepertinya bakal mewakili sebuah langkah maju yang cukup signifikan dalam soal performa ketimbang motor 2016.

“Pada tahun ini, M1 selalu mengalami penyesuaian secara teratur. Kali ini (motor 2017) akan ada sesuatu yang baru dan lebih komplit,” sesumbar Meregalli.

“Ini bukan sebuah revolusi, tapi sebuah evolusi yang lebih signifikan. Jika kami menunda tes debut motor 2017, itu karena di Jepang kami sedang mengerjakannya,” imbuhnya.

Lantas ketika ditanya secara spesifik bagaian mana yang paling banyak di ubar pada YZR-M1 2017, Meregalli menjawab: “Kami akui bahwa kami masih agak kurang pada kekuatan akhir kecepatan maksimal, tapi ketika itu datang pada traksi serta kemampuan pengendalian motor, M1 masih jadi referensi tim lain. Kami ingin mencari sejumlah tenaga kuda tambahan namun tanpa kehilangan performa di kecepatan awal.”
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2409 seconds (0.1#10.140)