alexa snippet

Peparnas XV 2016 Jawa Barat

Goalball Putra DIY Berpeluang Lolos ke Final

Goalball Putra DIY Berpeluang Lolos ke Final
Tim Goalball Daerah Istimewa Yogyakarta putri ketika bersiap menghadapi pertandingan di Laga Tangkas Arcamanik Jawa Barat. Foto: Dokumentasi/Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Tim goalball DI Yogyakarta berpeluang lolos ke final di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016. Kekalahan dari Jawa Barat diyakini tak akan menganggu performa tim DIY mengingat dari sisi kemampuan tidak kalah dengan pesaing lain.

Penegasan tersebut disampaikan pelatih Azizul Alimmudin Hanafiah. Menurutnya, tim putra berpeluang ke final. Terbukti dalam pertandingan pertama, DIY kalah tipis 17-14 dari tim tuan rumah.

Padahal di babak kedua akhir, tim putra DIY sempat unggul 12-11. Namun karena kesalahan melempar hingga melewati garis yang tidak diperbolehkan, wasit pun memberikan kesempatan penalti kepada lawan dan skor imbang 12-12. Di babak perpanjangan waktu dua kali tiga menit, DIY mampu menambah dua poin, namun akhirnya berhasil dikalahkan oleh Jabar dengan skor 14-17.

"Tim putra imbang sebenarnya, namun dalam permainan kami kurang beruntung. Tapi masih ada kesempatan di pertandingan selanjutnya, melawan Sulsel," ujar Azizul, Selasa (18/10/2016).

Untuk diketahui, tim putra DIY berada di pool A dengan Sumatera Selatan (Sumsel), Sulawesi Selatan (Sulsel), Bali, dan Jabar. Sedangkan di pool B terdapat tim Sumatera Utara (Sumut), Gorontalo, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Jabar.

"Kalau peta kekuatan Sulsel, jelas kami belum tahu. Karena belum pernah ketemu dan tidak sempat melihat pertandingan kemarin. Mereka kalah WO dengan Bali, karena jadwal sama dengan judo. Ya itu risiko atlet double cabor. Nantinya kami akan berusaha sebaik mungkin," jelasnya.

Perihal peluang tim putri diakui tidaklah sebesar peluang tim putra. Mengingat dari sisi kualitas dan pengalaman memang beda jauh dengan tim-tim lainnya. Hal itu terlihat ketika skuatnya kalah telak 3-13 atas tim putri Jabar. Walaupun demikian, pihaknya masih optimis dengan perolehan poin di laga selanjutnya. Di pool putri, ada tim DIY, Jabar, Sumsel, dan Kaltim.

"Insya Allah bisa perunggu, mengingat di pool putri cuma ada satu pool dengan empat tim. Nantinya tim akan fokus pada teknik bertahan, konsentrasi terhadap datangnya bola, serta bagaimana cara menjatuhkan badan (untuk menghadang datangnya bola)," kata dia.

Di tim putra, DIY diperkuat oleh Andi Santoso, Deny Septya Nugroho, Ginanjar, Ridwan Akbar, Ristanto Darmawan, dan Tri Umaryadi. Sedangkan tim putri diperkuat oleh Dita Yudha Pertiwi, Evitasari Rovvi Ngudharojah, Fika Destasandratara, dan Siti Nurasiyah. 



(bbk)
dibaca 2.245x
loading gif
Top