alexa snippet

Marc Marquez Resmi Jadi Legenda MotoGP

Marc Marquez Resmi Jadi Legenda MotoGP
Marc Marquez merupakan pembalap termuda yang berhasil memenangkan lima gelar grand prix, tiga diantaranya di kelas utama. Foto/Twitter/@marcmarquez93
A+ A-
PHILLIP ISLAND - Marc Marquez sekali lagi membuktikan bahwa dirinya layak menjadi pesaing terberat di lintasan balap MotoGP. Dengan memenangkan gelar kelima di ajang grand prix, Si Bayi Alien tercatat sebagai salah satu pembalap paling fenomenal di dunia.

Dari lima gelar yang didapat pembalap 23 tahun itu, tiga diantaranya direbut di kelas utama. Menurut sejarah, dia menjadi pembalap termuda yang memenangkan tiga gelar juara di kelas utama tepatnya di usia 23 tahun dan 242 hari.

Sejak tampil di kelas utama bersama Honda Repsol pada 2013, Marquez sudah memenangkan 55 balapan, 89 podium dan merebut 64 posisi pole. Secara persentase, Marquez telah memenangkan podium sebanyak 72,4% dari total semua balapannya di kelas utama.

Salah satu yang cukup fenomenal adalah Marquez memenangi tiga titel juara MotoGP mengendarai Honda, menyamai jumlah gelar kelas utama yang dicapai Valentino Rossi saat memperkuat Honda, 1 kali kelas 500cc dan 2 kali MotoGP.

Si Bayi Alien juga merupakan satu-satunya pembalap yang telah memenangkan gelar juara dunia lebih dari itu di kelas premier untuk Honda. Menurut catatan, adalah Mick Doohan yang memenangkan gelar juara GP 500 cc sebanyak lima kali.

Berikut Profil Singkat Marc Marquez
Nama Lengkap:  Marc Marquez Alenta
Tempat Lahir: Cervera, Lleida, Spanyol
Tanggal Lahir: 17 Februari 1993
Kewarganegaraan: Spanyol
Zodiak: Aquarius
Tinggi Badan: 170 cm
Berat Badan: 64 kg
Tim: Repsol Honda Team
Nomor Motor: 93
Akun Twitter: @marcmarquez93

Fakta Menarik gelar kelima Marc Marquez
Marquez adalah pembalap termuda yang memenangi tiga kelas utama di kejuaraan balap motor bergengsi pada usia 23 tahun dan 242 hari. Kemenangannya di depan pendukung Honda sudah cukup untuk mengalahkan rekor Mike Hailwood (24 tahun 108 hari) ketika ia memenangkan gelar 500cc berturut-nya yang ketiga pada tahun 1964.
Marquez  adalah pembalap termuda (23 tahun dan 242 hari) sepanjang masa yang mampu memenangkan lima gelar di kejuaraan dunia balap motor. Dengan demikian, ia mengalahkan rekor Rossi (24 tahun 238 hari) pada 2003 atau saat The Doctor merebut gelar kelimanya.
Sejak bergabung dengan tim Repsol Honda pada 2013 lalu. Marquez telah menyumbangkan tiga trofi juara untuk tim Pabrikan Jepang sekaligus menyamai rekor Rossi sewaktu mantan kekasih Linda Morselli masih menjadi joki Honda (1 x500cc + 2 x MotoGP).
Berkat kemenangan Marquez di Jepang, maka secara total ia telah memenangkan setidaknya minimal lima kali podium per musim di tiga kelas berbeda (125cc, Moto2, dan MotoGP) sejak 2010 lalu. Capaian itu jauh sebelumnya pernah ditorehkan dua legenda balap motor. Adalah Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.


Berikut momen yang terjadi selama Marquez tampil di Musim 2016
Marc Marquez Resmi Jadi Legenda MotoGP
Pertama kalinya Rossi dan Marquez bersalaman di Catalunya, setelah kedua pembalap menyelesaikan race di Catalunya, Barcelona, 5 Juni 2016 lalu. Perseteruan kedua pembalap menjadi sorotan di awal musim setelah persaingan ketat di musim sebelumnya.

Marc Marquez Resmi Jadi Legenda MotoGP 
Marc Marquez mengambil skuter jurnalis di Sirkuit Assen. Aksi tersebut terpaksa dilakukan Marquez lantaran dia harus kembali ke paddock setelah terjatuh di sesi kualifikasi.

Marc Marquez Resmi Jadi Legenda MotoGP
Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP di GP Jepang, Oktober 2016. Pada balapan tersebut Marquez finis di posisi pertama, sementara dua rival dari tim Yamaha Movistar: Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi gagal menyelesaikan lomba karena terjatuh.



(bbk)
dibaca 61.567x
loading gif
Top