Harga Minyak Dunia Anjlok 2% Akibat USD Menguat

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 07:44 WIB
Harga Minyak Dunia Anjlok 2% Akibat USD Menguat
Harga Minyak Dunia Anjlok 2% Akibat USD Menguat
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia tercatat turun hingga 2%, karena dolar bangkit kembali mendorong pemain untuk mengambil keuntungan pada kenaikan hari sebelumnya yang mengirim minyak mentah AS ke posisi tertinggi dalam 15 bulan.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/10/2016), harga minyak brent untuk pengiriman Desember turun USD1,29 atau 2,5% ke level USD51,38 per barel. Harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak November urun USD1,17 atau 2,3% menjadi USD50,43 per barel. Sementar, kontrak WTI untuk Desember meluncur USD1,19 untuk menetap di level USD50,63 per barel.

Dolar mencapai level tertinggi dalam tujuh bulan terhadap beberapa mata uang dan puncak tiga-bulan terhadap euro setelah Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga tidak berubah dan data AS menunjukkan penjualan rumah naik pada September.

Pada Rabu, harga minyak naik setelah pemerintah AS melaporkan penarikan tak terduga lebih dari 5 juta barel dalam stok minyak mentah mingguan yang melaju kontrak November WTI untuk tinggi dalam 15 bulan di level USD51,93.

Beberapa pelaku pasar mencatat bahwa meskipun penarikan minyak mentah, EIA juga melaporkan adanya produksi tak terduga dari 2,5 juta barel dalam stok bensin bukannya penurunan yang diperkirakan. Ada juga tumbuh skeptisisme tentang Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang berencana membatasi produksi, kata Tariq Zahir, pedagang di Tyche Capital Advisors di New York.

"Komentar semalam, dari (OPEC) berbicara dengan Rusia tentang apakah mereka dapat meningkatkan tingkat produksi mereka, menempatkan ke dalam keraguan apakah akan ada menjadi kesepakatan," katanya.

Kepala eksekutif Rusia Rosneft (ROSN.MM) mengatakan produsen minyak negara memiliki potensi untuk menambah sebanyak 200 juta ton per tahun, atau sekitar 4 juta barel per hari, untuk produksi.

Meskipun penurunan, harga minyak masih naik sekitar 13% sejak OPEC mengumumkan pada 27 September bahwa produksi yang direncanakan akan dipangkas 8 tahun untuk mengendalikan kelebihan pasokan global yang membuat harga minyak merosot dari posisi tertinggi pada pertengahan 2014 di atas level USD100 per barrel.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5323 seconds (0.1#10.140)