Dovizioso Lebih Konsisten Ketimbang Rossi, Marquez, dan Lorenzo

Rabu, 02 November 2016 - 17:45 WIB
Dovizioso Lebih Konsisten Ketimbang Rossi, Marquez, dan Lorenzo
Dovizioso Lebih Konsisten Ketimbang Rossi, Marquez, dan Lorenzo
A A A
SEPANG - Andrea Dovizioso sukses persembahkan kemenangan perdana untuk Ducati saat berlaga di Grand Prix Malaysia. Namun selain keberhasilannya naik podium tertinggi, ada satu rekor pribadinya yang jauh lebih unggul ketimbang trio pembalap favorit; Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo.

Dovizioso jadi pemenang di Grand Prix Malaysia setelah mencatat waktu terbaik di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu (30/10/2016). Pembalap Italia menyelesaikan 19 putaran dengan waktu tempuh 42 menit 27.333 detik, unggul 3,1 detik dari Rossi (Movistar Yamaha) dan 11,9 detik dari Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha).

Kemenangan itu jadi yang kedua bagi Dovi di pentas MotoGP. Ia mesti menunggu tujuh tahun lamanya sejak jadi yang tercepat di Sirkuit Donington Park dalam Grand Prix Inggris 2009 lalu. Ketika itu, Dovi masih jadi pembalap tim Honda.

Di samping riuhnya pemberitaan soal keberhasilan Dovizioso memberi kemenangan perdana Ducati, ada catatan gemilang yang berhasil ditorehkan rider berusia 30 tahun. Bahkan, rekornya tersebut mengungguli capaian pembalap langganan juara seperti Rossi, Marquez, dan Lorenzo selama berkarier di lintasan balap.

Seperti dikutip Marca, kemenangan di Malaysia menandai keberhasilan Dovi balapan tanpa henti sebanyak 257 berturut-turut tanpa absen. Selama 16 tahun atau sejak memulai debutnya pada 2001, Dovi tidak pernah melewatkan balapan di semua kelas baik karena cedera atau kendala lainnya.

Rekor itu jauh melewati capaian Rossi yang cuma mampu balapan tanpa henti selama 15 tahun. Pertama kalinya The Doctor mesti menepi dari trek terjadi pada tahun 2010 karena mengalami cedera patah kaki saat balapan di Mugello, Italia.

Ada pun Lorenzo pertama kali absen balapan di musim 2008 karena terjatuh di sesi latihan Grand Prix Catalunya. Hanya tujuh tahun pembalap Spanyol bertahan bisa terus start sebelum akhirnya absen balapan.

Terakhir, Dovi melampaui konsistensi balapan Marquez. The Baby Alien tercatat langsung absen di musim perdananya yakni melewatkan Grand Prix Spanyol di kelas 125cc tahun 2008.

Berikut Penjelasan Rekor Penampilan Tanpa Absen Dovizioso vs Rossi-Marquez-Lorenzo

Rossi: Absen pertama kali di Grand Prix Inggris 2010 atau 15 tahun sejak memulai debutnya di kejuaraan dunia balap motor 1996.

Lorenzo: Absen pertama kali di Grand Prix Spanyol 2008 atau tujuh tahun sejak menjalani debut kejuaraan dunia balap motor tahun 2002.

Marquez: Absen pertama kali di Grand Prix Spanyol 2008 atau cuma selang satu seri sejak menjalani debutnya di kejuaraan dunia balap motor.

Dovizioso: Tidak pernah absen balapan selama 16 tahun sejak memulai debut kejuaraan dunia balap motor tahun 2001.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5146 seconds (0.1#10.140)