AS Dituduh Gila-gilaan Curi Minyak Suriah, Sebanyak 35 Tanker Dibawa Pergi

Senin, 17 Juli 2023 - 08:27 WIB
loading...
AS Dituduh Gila-gilaan Curi Minyak Suriah, Sebanyak 35 Tanker Dibawa Pergi
Amerika Serikat dituduh gila-gilaan mencuri minyak Suriah. Foto/SANA
A A A
DAMASKUS - Pasukan Amerika Serikat (AS) di Suriah dituduh telah meningkatkan pencurian minyak, dengan 35 tanker sarat minyak dibawa pergi dari negara yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad tersebut.

Tuduhan pencurian minyak secara gila-gilaan itu dilontarkan sumber-sumber lokal di al-Yarubiyah, provinsi Hasakah timur.

Menurut mereka sebanyak 35 kapal tanker sarat minyak Suriah dibawa pergi ke Irak utara melalui penyeberangan perbatasan al-Walid.

“Pasukan pendudukan AS membawa ke pangkalan mereka di Irak utara sebuah konvoi yang terdiri dari 120 kendaraan, termasuk 65 tanker, beberapa di antaranya membawa peralatan militer yang rusak, 20 truk berpendingin, dan 35 tank sarat dengan minyak curian Suriah,” kata salah seorang sumber tersebut, seperti dikutip media pemerintah Suriah, SANA, Senin (17/7/2023).



Sumber itu menambahkan bahwa konvoi pasukan Amerika itu disertai oleh empat pikap milisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) untuk perlindungan.

Konvoi 35 tanker minyak itu terjadi Sabtu pekan lalu. Sepekan sebelumnya, konvoi 39 tanker yang memuat minyak mentah Suriah meninggalkan ladang minyak di Hasakah dan juga diselundupkan ke Irak, kali ini melalui pos pemeriksaan Mahmoudiya—penyeberangan perbatasan lain yang tidak dikendalikan oleh pemerintah Damaskus dan karenanya dianggap ilegal.

Sumber lokal mengatakan bahwa selain pengiriman minyak keluar, pasukan AS membawa sekitar 30 truk dan tanker berisi semen dan bahan logistik ke Suriah melalui penyeberangan al-Walid untuk menopang pangkalan mereka di negara tersebut.

Pada 1 Juni dan 3 Juni, media pemerintah Suriah melaporkan penyelundupan masing-masing 49 dan 45 tanker minyak Suriah melalui Mahmoudiya. Antara bulan April dan Mei, lebih dari 130 tanker yang memuat minyak mentah sampai penuh melewati al-Walid dan Mahmoudiya.

AS terus terlibat dalam kegiatan penyelundupan minyak bahkan di bulan Maret, hanya beberapa minggu setelah gempa dahsyat yang mengguncang Suriah utara dengan menewaskan ribuan orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)