alexa snippet

Hari Terakhir Tes Jerez Diganggu Hujan, 7 Pembalap Catat Waktu

Hari Terakhir Tes Jerez Diganggu Hujan, 7 Pembalap Catat Waktu
Takuya Tsuda (Suzuki) pada hari terakhir tes Jerez 2016 yang lintasannya diguyur hujan. (Foto/twitter)
A+ A-
JEREZ - Tim-tim dan para pembalap MotoGP mengakhiri musim 2016 dengan kekecewaan. Pasalnya, hari terakhir tes penghabisan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Jumat (25/11), diganggu hujan sepanjang hari.

Ya, seperti dilaporkan Motorsport. Hujan yang mengguyur lintasan Jerez sepanjang hari terakhir tes Jerez, benar-benar mengganggu sesi pengujian motor baru tim-tim MotoGP dan Superbike (WSBK) yang mengikutinya.

Akibat gangguan hujan, dilaporkan hanya tujuh pembalap yang turun ke lintasan pada hari terakhir tes Jerez. Dari tim-tim MotoGP, hanya ada empat pembalap kelas bergengsi (semuanya pembalap tes) yang turun ke trek dan mencetak catatan waktu.

Pembalap penguji Michele Pirro, kembali meneruskan dominasi tim Ducati, yang sebelumnya telah menguasai catatan waktu tercepat dua hari awal tes. Pirro kali ini jadi yang tercepat dengan mencatat 1 menit 51,651 detik untuk satu putaran. Dia lebih cepat 1,975 detik dari rider test tim Suzuki Takuya Tsuda. Sedang pembalap tes tim KTM Mika Kallio berada di posisi keempat, di depan Hiroshi Aoyama yang mewakili pabrikan Honda di urutan kelima.

Perlu diketahui pula, mengapa hanya empat pembalap MotoGP yang turun ke lintasan pada hari terakhir tes Jerez. Karena tim satelit Ducati dan Aprilia, telah menyelesaikan tes sejak Kamis (24/11). Sehari sebelumnya, tim Suzuki juga menarik pembalap utama mereka, Andrea Iannone, demi mengirit jatah hari tes resmi.

Adapun, tiga pembalap Superbike juga mencetak catatan waktu bersama para pembalap MotoGP pada hari terakhir tes Jerez, dengan Chaz Davies (Ducati) berada di posisi kelima tercepat. Dia lebih lambat 2,795 detik dari Pirro. Sedangkan, Jonathan Rea (Kawasaki) tidak ambil bagian di hari terakhir tes ini, padahal dia menguasai daftar catatan waktu tercepat hari kedua.

Dengan berujungnya tes akhir musim di Jerez, sekaligus menandai berakhirnya kalender balap MotoGP musim 2016. Setelah ini, tim-tim dan para pembalap tidak diperbolehkan menjalani sesi pengujian motor, yang mana larangan tes musim dingin berlaku efektif mulai 1 Desember.

Tes pramusim MotoGP 2017 berikutnya akan digelar di Sepang, Malaysia, pada 30 Januari sampai 1 Februari 2017. Duo pembalap tim Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, juga telah menjalani tes tertutup di Sepang pada 23-24 November, bersama dua pembalap tim satelit Yamaha Tech3, Johann Zarco dan Jonas Folger.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pabrikan asal Iwata, Jepang itu terkait hasil tes penghabisan mereka tersebut. Namun, Vinales mengungkapkan sangat senang dengan jalannya tes, hal itu diketahui lewat kicauannya di media sosial.



(sbn)
dibaca 19.684x
loading gif
Top