alexa snippet

Tes Pramusim MotoGP 2017

Selain YZR-M1 2017, Rossi Kenalkan Teknologi Baru di Sepang

Selain YZR-M1 2017, Rossi Kenalkan Teknologi Baru di Sepang
Aksi Valentino Rossi saat hendak berpacu di Sirkuit Red Bull Ring dalam Grand Prix Austria beberapa waktu lalu. Foto/Dok. Crash.net
A+ A-
SEPANG - Hasil tes Yamaha di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, menempatkan Valentino Rossi sebagai pembalap tercepat. Tapi siapa sangka, dalam pengujian tersebut, Rossi mengenalkan 'teknologi anyar' untuk bersaing musim depan selain kuda besi barunya, Yamaha YZR-M1 2017.

Seperti dikutip Sportal.it, Minggu (27/11/2016), Rossi terlihat mengenalkan peralatan balap barunya yang terlihat dari video pengujian Yamaha di Sepang yang beredar di jejaring sosial. Selain menunggangi prototype YZR-M1 2017, The Doctor terlihat mengenakan helm yang agak berbeda.

Jika biasanya Rossi identik dengan helm berwarna cerah dengan ornamen gambar yang sangat menarik perhatian mata, tidak demikian dengan helm yang dikenakan di Sepang, Rabu-Kamis (23-24 November). Apa bedanya?

Helm yang dikenakan Rossi berwarna gelap tanpa corak sedikitpun. Banyak diyakini itu adalah prototype helm anyar pembalap Italia yang bakal memberikan pengaruh tertentu pada kinerjanya di atas trek.
Selain YZR-M1 2017, Rossi Kenalkan Teknologi Baru di Sepang
Pengaruh helm pada penampilan pembalap memang cukup besar. Pada musim 2015 misalnya, Jorge Lorenzo melakukan hal serupa di mana pembalap Spanyol yang keluar sebagai juara di akhir musim sampai merombak ukuran pelindung kepalanya untuk mengatasi masalah aerodinamis.

Biasanya, bagian helm yang dirombak adalah bagian deflektor. Bagian belakang helm tersebut memang dirancang dan dimodifikasi agar bekerja seperti sayap pesawat. Sebab hal tersebut bisa memengaruhi kecepatan saat menggeber tunggangannya dan buat pembalap tetap nyaman menggoyangkan kepala saat berada di trek lurus.

Untuk masalah helm, Rossi sendiri disponsori AGV. Produsen helm asal Italia memang selalu memanjakan Rossi dari segi performa dan corak pelindung kepalanya.



(bbk)
dibaca 77.923x
loading gif
Top