alexa snippet

Lomachenko Tolak Naik Divisi untuk Hadapi Pacquiao

Lomachenko Tolak Naik Divisi untuk Hadapi Pacquiao
Vasyl Lomachenko (kanan) digadang-gadang bakal menghadapi Manny Pacquiao (kiri) setelah promotor Top Rank Bob Arum berencana menyatukan keduanya di atas ring. Foto/Philstar
A+ A-
LAS VEGAS - Vasyl Lomachenko baru saja mempertahankan sabuk juara WBO kelas bulu setelah memaksa Nicholas Walters menyerah di ronde ketujuh. Selanjutnya, petinju asal Ukraina digadang-gadang bakal menghadapi Manny Pacquiao.

Lomachenko sukses membuat Walters menelan kekalahan pertamanya di ajang profesional. Bertarung di Cosmopolitan of Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (27/11/2016), Walters mundur di ronde ketujuh lantaran kesakitan usai pelipisnya ditempa pukulan tangan kanan Lomachenko. (Baca Juga: Lomachenko Bikin Walters Nyerah di Ronde Ketujuh)

Belum ada lawan selanjutnya yang sudah ditunjuk Lomachenko, tapi jelas banyak pecinta tinju mengharapknnya mau menantang Pacquiao. Sebab, promotor Bob Arum beberapa waktu lalu sudah merencanakan bakal menyatukan keduanya.

Ada pun yang menghambat adalah perbedaan kelas keduanya. Lomachenko merupakan petarung di kelas bulu dan ringan (bobot 57,1 kg - 61,2 kg), sementara Pacquiao seorang juara di kelas welter (66,6 kg).

Untuk masalah di atas, Lomachenko enggan lompat kelas dari ringan ke welter. Ia bersikukuh mau menghadapi Pacquiao di kelas ringan, atau dengan kata lain petinju Filipina yang mesti menurunkan bobot badannya.

"Mungkin berat 135 (61,2 kg) pons jadi batas maksimal sebab saya terakhir naik ring di berat 136 pons (61.6 kg). Saya amat menghormati Manny. Saya suka dengannya dan tentu suatu kehormatan jika seseorang memberi kesempatan untuk menghadapinya," ujar Lomachenko seperti dikutip Boxing Scene, Senin (28/11/2016).

Dan yang terakhir, Pacquiao juga belum tentu mau menghadapi Lomachenko. Beberapa waktu lalu, Arum sendiri menyatakan niatannya menggelar pertarungan Pacquiao vs Lomachenko cukup sulit lantaran Pac Man masih berharap bisa menggelar rematch dengan Floyd Mayweather Jr. (Baca Juga: Ditawari Lomachenko, Pacquiao Prioritaskan Hadapi Mayweather Jr)

Namun yang pasti, Arum menjanjikan Pacquiao kembali bertarung tahun depan. "Pertarungannya mungkin bisa digelar pertengahan tahun 2017. Itu baru kemungkinan," jelasnya.

Pacquiao sendiri sudah comeback dari masa pensiunnya. 5 November lalu, Ia menggelar pertarungan perdana setelah pensiun dengan mengalahkan Jessie Vargas di Thomas & Mack Center, Las Vegas dengan kemenangan angka mutlak (unanimous decision) untuk merebut sabuk juara tinju kelas welter WBO.



(bbk)
dibaca 17.268x
loading gif
Top